Siapakah Alexei Mordashov?


Alexei Mordashov adalah pemimpin Severstal Steel Mill, perusahaan besar Rusia yang bergerak di bidang logam, energi, dan pertambangan. Dia lahir pada 26 September 1965 di Cherepovets, Vologda Oblast, Uni Soviet (sekarang Rusia).

Setelah lulus dari Leningrad Institute pada 1988, Alexei Mordashov memulai karirnya dengan bekerja sebagai ekonom di Cherepovetskiy Metallurgical Plant, sebuah perusahaan pemerintah Uni Soviet.

Ketika Uni Soviet runtuh pada awal 1990-an, perusahaan-perusahaan milik pemerintah pun kemudian diprivatisasi, dan saham-sahamnya dijual ke publik. Pada waktu itu, Alexei Mordashov melakukan langkah cerdik. Dia mendirikan lembaga yang mengumpulkan dana investasi, dan menggunakan investasi yang berhasil dikumpulkannya untuk membeli saham-saham milik Cherepovetskiy Metallurgical Plant. Hasilnya, dia memiliki saham mayoritas di perusahaan tersebut.

Pada 1996, dilatari kepemilikan sahamnya yang besar, Alexei Mordashov ditunjuk sebagai direktur eksekutif di Cherepovetskiy Metallurgical Plant. Lalu dia mengubah nama perusahaan menjadi Severstal Steel Mill. Bukan hanya mengubah namanya, Alexei Mordashov juga mengembangkan perusahaan itu dengan mengakuisisi perusahaan baja, batu bara, dan pertambangan.

Kini, Severstal Steel Mill telah menjadi salah satu perusahaan terbesar di Rusia, dengan usaha yang mencakup bisnis baja, pertambangan, otomotif, kayu lapis, perbankan, asuransi, dan lain-lain. Alexei Mordashov pun terkenal sebagai pengusaha sukses di Rusia, dan menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan 13 miliar dollar.

Hmm… ada yang mau menambahkan?




Artikel Terkait Tokoh

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar