Apakah Ikan Sapu-sapu Boleh Dimakan?


Sebenarnya, ikan sapu-sapu mengandung gizi yang tinggi. Namun, untuk memastikan apakah ikan sapu-sapu boleh dimakan atau tidak, sebaiknya lihat dulu di mana ikan sapu-sapu tinggal ketika hidup.

Selain tinggal di air yang bersih atau jernih, ada pula ikan sapu-sapu yang hidup di air yang telah tercemar limbah. Ikan sapu-sapu yang hidup di air bersih tentu tidak masalah jika dimasak dan dimakan. Tapi ikan sapu-sapu yang hidup di air mengandung limbah sebaiknya tidak dimakan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti yang dinyatakan di atas, ikan sapu-sapu sebenarnya mengandung gizi yang tinggi. Berdasarkan database nilai gizi ikan di balai riset pengolahan produk dan bioteknologi, jumlah protein ikan sapu-sapu per 100 gram sebanyak 19,71 dengan kadar lemak 1,73. Angka itu mengalahkan jumlah protein ikan nila yang hanya 18,8, lele jumbo (18,2), kerapu (16,97), kakap merah (17,82), dan cumi-cumi blanakan (16,31).

Orang-orang yang mengonsumsi ikan sapu-sapu (yang hidup di perairan bersih), biasanya menggunakan daging ikan sapu-sapu untuk berbagai macam olahan, semisal bakso, kerupuk, siomay, dan lain-lain.

Hmm... ada yang mau menambahkan?



Artikel Terkait Fauna

2 komentar:

  1. Baru tau, ternyata ikan sapu-sapu yang hidup di air bersih bernilai gizi tinggi, mas.

    BalasHapus
  2. Ikan sapu-sapu itu enak mas bisa di konsumsi juga, asal ngolahnya yang benar saja dan tidak berlebihan :D saya juga pernah nyobain daging ikan sapu-sapu :)

    BalasHapus