Siapakah Richard Kinder?


Richard Kinder adalah pendiri dan CEO Kinder Morgan, Inc., perusahaan energi terbesar ketiga di Amerika Utara. Dia lahir pada 19 Oktober 1944 di Cape Girardeau, Missouri, AS, dan kuliah di University of Missouri.

Setelah lulus dari kuliah, Richard Kinder memulai karirnya di Enron Corporation. Dia sempat menjadi direktur Enron dari 1990 sampai 1996, lalu mengundurkan diri dari sana karena berencana mendirikan perusahaan sendiri.

Pada Februari 1997, Richard Kinder mendirikan perusahaan bersama teman kuliahnya, William V. Morgan. Perusahaan yang mereka dirikan bernama Kinder Morgan Inc., yang bergerak di bidang energi. Dalam perjalanannya kemudian, Kinder Morgan Inc. mengakuisisi perusahaan KN Energy hingga El Paso Corporation,  hingga Kinder Morgan Inc. menjadi perusahaan energi yang sangat besar di Amerika Utara.

Pada waktu awal didirikan, Kinder Morgan Inc. adalah perusahaan kecil dengan 175 karyawan, dan nilai perusahaan hanya 325 juta dollar. Kini, Kinder Morgan Inc. telah menjadi perusahaan besar dengan 12.000 karyawan, dan nilai perusahaannya telah meningkat drastis menjadi 115 miliar dollar. Produk perusahaan itu meliputi olahan minyak bumi, minyak mentah, gas, bensin, etanol, batu bara, hingga baja.

Meski menjadi CEO perusahaan yang menghasilkan jutaan dollar, Richard Kinder hanya mendapat gaji 1 dollar per tahun. Jumlah gaji sekecil itu atas kemauannya sendiri—sesuatu yang juga dilakukan banyak CEO terkenal lain, termasuk Mark Zuckerberg (CEO Facebook), Steve Jobs (CEO Apple Inc.), John Mackey (CEO Whole Foods), Richard Fairbank (CEO Capital One), Jeffrey Katzenberg (CEO DreamWorks), Larry Page dan Sergey Brin (CEO Google), Bill Ford (CEO Ford Motor Co.), Jerry Yang (CEO Yahoo), Vikram Pandit (CEO Citigroup), hingga Edward Liddy (CEO AIG).

Jika Richard Kinder hanya mendapat gaji 1 dollar per tahun, lalu dari mana dia mendapat banyak uang, hingga masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia? Dia mendapat jatah dividen atau keuntungan yang besar dari perusahaannya, karena dia memegang 245 juta lembar saham Kinder Morgan, Inc. yang didirikannya, dan dia tidak pernah menjual satu lembar pun.

Melalui 245 juta lembar saham perusahaan, dia mendapatkan dividen sebesar 400 juta dollar per tahun. Karenanya, meski hanya bergaji 1 dollar per tahun, dia tetap mendapatkan penghasilan ratusan juta dollar per tahun, hingga akhirnya memiliki kekayaan mencapai 12 miliar dollar.

Hmm… ada yang mau menambahkan?



Artikel Terkait Tokoh

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar