Siapakah Gina Rinehart?

 Siapakah Gina Rinehart?
Gina Rinehart/desmogblog.com
Gina Rinehart adalah pemimpin Hancock Prospecting Ltd., perusahaan pertambangan terbesar di Australia. Nama aslinya Georgina Hope Hancock, dan dia lahir pada 9 Februari 1954 di Perth, Australia. Dia adalah putri Lang Hancock, orang yang mendirikan bisnis pertambangan bijih besi pada 1955.

Wilayah Australia barat terkenal sebagai sumber daya alam, termasuk bijih besi, dan usaha yang dirintis Lang Hancock tumbuh besar pada masanya. Ketika Lang Hancock meninggal pada 1992, usaha pertambangan itu diwarisi oleh putrinya, yakni Gina Rinehart.

Saat menerima perusahaan warisan ayahnya, usaha pertambangan itu sudah besar. Namun, saat ditangani Gina Rinehart, perusahaan itu berubah menjadi raksasa.

Sebagai ilustrasi, kekayaan Gina Rinehart pada 1992—waktu baru menerima warisan perusahaan tersebut—hanya 73,2 juta dollar. Pada saat ini, kekayaannya telah meningkat naik luar biasa menjadi 12,3 miliar dollar, hingga menjadikan namanya masuk dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia.

Memang, kenyataan itu tak bisa dilepaskan dari fakta bahwa tambang bijih besi yang dimiliki ayah Gina Rinehart memiliki sumber kekayaan dalam jumlah luar biasa besar, seolah tak ada habisnya. Karenanya, ketika sumber kekayaan alam itu dieskplorasi habis-habisan, hasilnya pun luar biasa. Karenanya pula, warisan yang diterima Gina Rinehart tumbuh dalam jumlah berkali-kali lipat. Di Australia, dia dijuluki sebagai “Ratu Bijih Besi”.

Setelah sukses menangani perusahaan pertambangan bijih besi tinggalan ayahnya, Gina Rinehart merambah pertambangan minyak dan gas. Hal itu juga menambah kekayaan Gina Rinehart dalam jumlah signifikan.

Selain pada komoditas pertambangan, Gina Rinehart juga melakukan ekspansi portofolio investasinya, dengan menambah kepemilikan saham di perusahaan Fairfax Media dari 5 persen menjadi 13 persen, dengan nilai mencapai 150-200 juta dollar.

Saat ditanya media mengenai resep menjadi kaya seperti dirinya, Gina Rinehart menyatakan, “Menjadi kaya itu semudah Anda meletakkan minuman Anda, dan bangkit dari tempat duduk. Jika Anda cemburu pada mereka yang memiliki lebih banyak uang, jangan hanya duduk di sana dan mengeluh. Lakukan sesuatu untuk menciptakan kekayaan Anda sendiri, minimalkan waktu untuk minum atau merokok, bersosialisasilah, dan perbanyak waktu untuk bekerja.”

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 1443122386472855093

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item