Apa yang Disebut Lipogram, dan Bagaimana Contohnya?

Apa yang Disebut Lipogram?
Lipogram/fijftigenmeer.com
Lipogram adalah teknik penulisan (biasanya novel atau sastra) yang sengaja menghilangkan satu huruf tertentu dalam abjad. Contoh nyata dan paling terkenal dalam hal ini adalah novel karangan Ernest Vincent Wright, berjudul Gadsby.

Dalam novel tersebut, Ernest Wright sengaja menghindari atau tidak menggunakan huruf “E”. Karenanya, dari semua halaman novel Gadsby, tidak ada satu pun huruf “E”, baik besar atau kecil.

Ernest Wright adalah warga Amerika, dan dia menulis novelnya yang unik itu pada tahun 1939. Sedari awal, dia memang sengaja ingin membuat lipogram, dan ingin novelnya sama sekali tidak menggunakan huruf “E”. Keinginannya itu terwujud, meski ia harus sabar saat menulisnya.

Novel Gadsby karangan Ernest Wright menceritakan revitalisasi kehancuran sebuah kota fiktif bernama Branton Hills, yang diakibatkan ulah sang tokoh sentral yang protagonis, John Gadsby. Dikisahkan, John Gadsby membentuk sebuah komplotan kriminal, dan bersama komplotannya melakukan serangkaian tindakan destruktif terhadap kota Branton Hills.

Novel itu menggunakan sekitar 50.000 kata. Meski sama sekali tidak terdapat huruf “E” di dalamnya, namun jalan ceritanya tetap enak dibaca.

Hmm... ada yang mau menambahkan?


Related

Umum 5286557197376948258

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item