Mengapa Orang Jepang Memakai Payung Transparan?

Mengapa Orang Jepang Memakai Payung Transparan?
Payung transparan/jakartanoteboook.com
Di film-film drama Jepang, sering terlihat orang-orang Jepang memakai payung transparan di saat hujan. Payung transparan itu tampak unik, karena berbeda dengan payung yang biasa kita pakai. Sejarah dan asal usul payung transparan itu juga unik.

Sejak tahun 1721, di Jepang ada sebuah toko yang membuat dan menjual payung terkenal, bernama Dakeda Chou-Gorou Shoutenâ. Toko payung itu kemudian dibeli Mitsuo Sudou pada 1949, setelah ia pulang dari Siberia. Dia meneruskan usaha toko payung itu, sampai kemudian pecah Perang Dunia II yang meluluhlantakkan Jepang.

Setelah Perang Dunia II usai, Mitsuo Sudou kehilangan tokonya, sementara pasar payung telah dikuasai produsen lain.

Mitsuo Sudou membangun kembali tokonya, dan berpikir untuk membuat bentuk payung yang unik, sehingga dapat bersaing dengan payung lain di pasar. Dia membuat payung dari bahan plastik. Semula, payung plastik itu sempat laku keras, sampai kemudian bahan nilon ditemukan pada 1950.

Sejak itu, payung dibuat menggunakan bahan nilon, dan payung plastik buatan Mitsuo Sudou tersingkir dari pasar.

Delapan tahun kemudian, pada 1958, Mitsuo Sudou kembali membuat kreasi lain. Dia tetap menggunakan plastik sebagai bahan payungnya, namun kali ini transparan. Namun, inovasinya itu tidak berhasil sebagaimana yang ia harapkan. Respons pasar terhadap payung transparan itu sepi-sepi saja.

Uniknya, pada 1965, payung transparan buatan Mitsuo Sudou menarik minat seorang wisatawan Amerika. Orang Amerika itu membawa payung-payung transparan buatan Mitsuo Sudou ke negaranya, dan seketika menjadi tren yang terkenal. Mitsuo Sudou pun banyak mengekspor payung transparan buatannya ke Amerika.

Sejak itu, orang-orang Jepang ikut terpengaruh. Melihat payung transparan menjadi tren di Amerika, orang Jepang ikut-ikutan menggunakannya. Bahkan, sejak itu pula, mereka menjadikan payung transparan sebagai bagian identitas mereka.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 4832262864028786536

Posting Komentar

  1. kayak di Indonesia yah ternyata
    lebih suka apa yang disukai sama bule :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pake gaya nggak suka. Begitu jadi tren di Amrik, ikut-ikutan suka.

      Hapus
    2. Mungkin mksdnya mereka "Lha itu payung buatan kita kenapa malah mereka yang make. Knp kita yg buatnya ga banyak yg make?." Jadinya mereka make :3

      Hapus
  2. orang jepang yng pasti disiplin hidupnya ...

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item