Sejak Kapan Manusia Mengenal Nasi Goreng?

Sejak Kapan Manusia Mengenal Nasi Goreng?
Ilustrasi: bisamasak.com
Nasi goreng adalah salah satu makanan terkenal, khususnya di Indonesia. Nyaris di mana saja kita bisa menemukan sajian khas ini, dan orang-orang menyajikan nasi goreng dengan berbagai bumbu serta cita rasa. Sejak kapan manusia mengenal nasi goreng, dan dari mana asal sajian masakan ini?

Berdasarkan catatan sejarah, nasi goreng telah dikenal sejak 4000 Sebelum Masehi, dan merupakan komponen penting dari masakan tradisional Cina.

Dari negeri Cina, nasi goreng kemudian menyebar ke Asia Tenggara, dibawa oleh para perantau Cina yang menetap di berbagai tempat, dan mengenalkan serta menciptakan nasi goreng khas lokal yang didasarkan pada bumbu-bumbu dan cara menggoreng.

Sebenarnya, nasi goreng muncul dari kebudayaan khas bangsa Cina yang tidak suka memakan makanan dingin, namun juga tidak suka membuang sisa makanan. Karenanya, mereka pun kemudian mengolah nasi yang telah dingin dengan cara menggorengnya, dan jadilah nasi goreng yang bisa dihidangkan kembali.

Agar rasanya lebih nikmat, sajian itu pun ditambah berbagai bumbu penyedap, dari minyak goreng, kecap manis, sampai sayuran. Pada perkembangannya, nasi goreng semakin enak dinikmati dengan adanya telur, daging, sampai kerupuk.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 9153511147793882695

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item