Apa yang Disebut Pengangkutan Intravaskular?

  Apa yang Disebut Pengangkutan Intravaskular?
Ilustrasi: medcom.id
Pengangkutan intravaskular adalah pengangkutan air melalui berkas pembuluh (xilem) dari akar menuju bagian atas tumbuhan. Pengangkutan air dan mineral dimulai dari xilem akar ke xilem batang, menuju xilem tangkai daun dan ke xilem tulang daun. Pada tulang daun terdapat ikatan pembuluh, yang memungkinkan hal itu.

Air dari xilem tulang daun kemudian masuk ke sel-sel bunga karang pada mesofil. Mesofil adalah jaringan yang terdapat pada bagian dalam daun. Setelah mencapai sel-sel bunga karang, air dan garam-garam mineral disimpan untuk digunakan dalam proses fotosintesis dan transportasi. Transportasi pada trakea lebih cepat daripada transportasi pada trakeida.

Menyangkut mesofil, pada tumbuhan paku-pakuan dan sebagian besar tumbuhan berbunga, mesofil terdiri atas dua bagian, yaitu:
  • Parenkim palisade yang tersusun oleh sel-sel berbentuk kolumner pada bagian atas, mengandung banyak kloroplas daripada jaringan bunga karang (parenkim spons).
  • Parenkim spons (disebut juga jaringan bunga karang), yaitu sel-sel jaringan bunga karang yang lebih bulat, dan tidak begitu rapat. Kloroplasnya juga lebih sedikit daripada parenkim palisade.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 8902486417820628437

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item