Mengapa Kucing Bisa Berburu Dalam Gelap?

Mengapa Kucing Bisa Berburu Dalam Gelap?
Ilutrasi/1freewallpapers.com
Kucing memiliki sebuah membran yang mirip cermin, yang terletak di belakang mata mereka. Membran itu disebut tapetum lucidum. Dengan adanya membran spesial itu, kucing dapat berburu dalam gelap, bahkan yang paling pekat.

Membran pada mata kucing bekerja dengan cara memantulkan kembali cahaya setelah cahaya tersebut melewati retina, yang memberikan kesempatan bagi kucing untuk mengambil foton cahaya lagi, ketika cahaya kembali lewat untuk kedua kalinya. Karena hal itulah, kucing memiliki penglihatan yang sangat tajam, bahkan dalam kegelapan.

Bagaimana Ikan di Laut Mengenali Jalan?
Ilustrasi/reportasenews.com
Bagaimana Ikan di Laut Mengenali Jalan?

Drum fish atau ikan drum dianggap ikan istimewa, karena memiliki kemampuan mendengar menggunakan “air bladders”. Ikan tersebut mendeteksi getaran suara, dan menghubungkan getaran itu ke telinga bagian dalam melalui satu set tulang di tengah telinga, yang disebut weberian apparatus.

Setelah itu, sel-sel rambut dalam telinga bagian dalam ikan itu akan merespon getaran tersebut, dan mentransfer informasi suara ke otak.

Karena kemampuan itu, drum fish pun menjadi semacam pemimpin atau penunjuk jalan bagi banyak ikan lain di lautan, ketika mereka berenang hingga jauh agar aman dari kemungkinan serangan predator.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Hewan Darat 7226389684482796567

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item