Bagaimana Tikus Mengenali Keadaan Sekelilingnya?

 Bagaimana Tikus Mengenali Keadaan Sekelilingnya?
Ilustrasi/tempo.co
Umumnya, tikus memiliki penglihatan yang tidak tajam. Tetapi, mereka mampu mengatasi kekurangan itu dengan sungut yang ada pada moncongnya. Tikus memiliki rambut atau sungut yang panjang pada moncong, yang disebut vibrissae, dan rambut-rambut itu berfungsi seperti tongkat bagi orang buta.

Dengan menggetarkan sungut mereka pada benda di hadapannya, tikus akan dapat mencitrakan bentuk dan keadaan di sekelilingnya. Karenanya, meski daya penglihatannya tidak tajam, hewan itu dapat berlari tanpa menabrak, atau dapat kabur dengan mudah ketika menghadapi manusia atau pemangsa.

Mengapa Kalajengking Memendarkan Cahaya?
Ilustrasi/youtube.com
Mengapa Kalajengking Memendarkan Cahaya?

Kalajengking dapat memendarkan cahaya, khususnya pada malam hari. Namun, sebenarnya, hewan itu tidak benar-benar menghasilkan cahaya sendiri dari tubuhnya sebagaimana hewan-hewan penghasil bioluminesensi lainnya.

Kalajengking memiliki zat kimia dalam eksoskeleton mereka, dan zat itu bersinar ketika berada di bawah sinar ultraviolet. Karena itulah, kadang kita menyaksikan kalajengking memendarkan cahaya, karena pada waktu itu kebetulan ada sinar ultraviolet yang mengenai tubuhnya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Hewan Darat 7327165150769746562

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item