Kapan Majalah Mulai Terbit di Dunia?

 Kapan Majalah Mulai Terbit di Dunia?
Ilustrasi/hoteliermagazine.com
Secara umum, majalah mulai berkembang di Inggris Raya pada tahun 1700-an dengan menampilkan materi fiksi dan nonfiksi. Majalah pertama di negara itu adalah Gentleman’s Magazine yang terbit pada 1731, dan menampilkan tulisan-tulisan seputar dunia politik, biografi, dan kritik.

Di Amerika, majalah pertama adalah American Magazine, yang dicetak di Philadelphia pada 1741. Lalu disusul majalah General Magazine yang terbit tak lama kemudian. Selama Revolusi Amerika, majalah-majalah di Amerika terbit dengan mengusung topik-topik seputar politik. Pada 1820-an, majalah dengan isu-isu umum mulai muncul, seperti Saturday Evening Post (1821-1969).

Selama terjadi Perang Sipil di Amerika, jumlah majalah yang terbit di sana meningkat tajam. Pada tahun 1879, undang-undang pos menjadikan biaya distribusi majalah lebih murah, hingga distribusinya mampu menjangkau pembaca lebih luas.

Pada 1900-an majalah ber-genre mucraking journalism mulai muncul. Mucraking journalism adalah majalah-majalah yang memfokuskan pada berita-berita investigasi mengenai skandal, misalnya korupsi di pemerintahan atau perusahaan.

Beberapa majalah semacam itu yang terkenal adalah majalah McClure’s dan Collier’s. Selain itu ada pula majalah The Nation dan Washington Monthly yang fokus meliput skandal yang terjadi di pemerintahan

Setelah tahun 1900-an, majalah dengan berbagai genre bermunculan dan menyasar target audiens yang spesifik, serta mengangkat isu-isu kehidupan modern atau gaya hidup.

Strategi itu dilakukan untuk mengimbangi kemunculan media lain yang lebih atraktif, yakni radio dan film. Salah satu formula majalah yang paling sukses adalah mengombinasikan foto dan berita—yang paling terkenal waktu itu adalah majalah Life, yang lebih banyak menonjolkan foto.

Beberapa dekade kemudian, kesuksesan majalah Life menurun, karena tidak mampu menghadapi persaingan dengan televisi. Sejarah kesuksesan majalah Life lalu digantikan oleh majalah Time dan Newsweek. Kedua majalah itu mampu bertahan dan sukses, karena menampilkan foto dan berita secara seimbang.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 1938402139423188407

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item