Sejak Kapan Manusia Minum Kopi?

Sejak Kapan Manusia Minum Kopi?
Ilustrasi/pegipegi.com
Pada saat ini, kopi telah menjadi minuman terkenal yang dikonsumsi banyak orang di dunia. Bubuk kopi yang halus diseduh air panas, dan menghasilkan minuman yang memberikan cita rasa nikmat. Namun, sebelum abad ke-14, kopi dinikmati tanpa diseduh.

Tanaman kopi pertama diperkirakan tumbuh di suatu daerah bernama Kaffa, sebuah provinsi di Ethiopia. Nama provinsi itu pula yang mungkin dipakai untuk memberi nama kopi.

Suku Afrika Timur telah menggunakan buah yang berasal dari pohon kopi selama berabad-abad, tapi bukan sebagai minuman. Mereka memanggang buah kopi di atas panci terbuka, atau memasaknya dengan lemak hewan, dan memakannya.

Sampai kemudian, pada abad ke-14, para pedagang Arab datang ke Kaffa, dan mulai mengenal biji kopi. Mereka kemudian menanam kopi di Yaman. Di situlah orang lalu mulai menyeduh kopi sebagai minuman.

Sekitar pertengahan abad ke-15, penggunaan kopi sebagai minuman menyebar ke Makkah, dan dari sana terus menyebar ke Baghdad, Kairo, Damaskus, hingga ke tempat-tempat lain.

Di Kairo, sejak tahun 1511, telah ada kedai kopi. Sementara Eropa Barat baru mengenal kopi pada sekitar tahun 1615.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Umum 8149717406205690302

Posting Komentar

  1. wahh bahasan singkat yang komplit
    makasih
    :)
    keren
    salam kenal

    Murni Muin
    :)

    BalasHapus
  2. sebenarnya kopi ditemukan oleh petani muslim di ethiopia bernama khalid

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item