Bagaimana Cara Terbaik Menuang Saus dari Botol?

Bagaimana Cara Terbaik Menuang Saus dari Botol?
Ilustrasi/orami.co.id
Di warung bakso biasanya ada saus dalam botol yang disediakan untuk pembeli yang ingin menambahkan saus ke baksonya. Yang kadang menjadi masalah, saus kental dalam botol itu tidak mudah dikeluarkan, khususnya lagi saus yang botolnya baru dibuka.

Biasanya, orang akan menunggingkan botol saus, lalu memukul-mukul bagian belakang botol dengan harapan sausnya keluar. Tapi sering kali sausnya malah tidak keluar. Bagaimana cara terbaik menuang saus dari dalam botol?

Jika kita menunggingkan botol ke arah mangkuk bakso dan menepuk atau memukul bagian belakang botol, saus dalam botol memang justru makin sulit keluar, karena saus yang kental akan cenderung masuk ke dalam botol.

Dalam fisika, peristiwa semacam itu disebut hukum kelembaman atau inersia. Inersia atau kelembaman adalah kecenderungan semua benda fisik untuk menolak perubahan terhadap keadaan geraknya.

Cara yang benar dan mudah untuk menuangkan saus dari dalam botol adalah dengan meletakkan botol di kedua tangan dalam posisi ditidurkan. Ujung atau lubang botol berada di tangan kiri, sedangkan bagian belakang botol ada di tangan kanan, hingga posisi kedua tangan kita mirip posisi berdoa. Kemudian, miringkan botol sekitar 30 derajat, dengan ujung botol mengarah pada mangkuk bakso.

Untuk mengeluarkan sausnya, goyang-goyangkan botol maju mundur berkali-kali, hingga isinya turun ke ujung botol.

Jika cara itu tidak berhasil, maka kemungkinan saus yang ada di ujung botol mengeras, sehingga perlu dibantu dengan ditusuk gagang sumpit, sendok, atau garpu. Atau bisa pula ditetesi air panas, agar saus yang mengeras bisa sedikit mencair.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 7209068891445448770

Posting Komentar

  1. wah ini trik bagus, nanti aku terapkan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trik ini sebenarnya sepele, tapi penting, karena sering dibutuhkan.

      Hapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item