Kapan Jepang Mengebom Pearl Harbor?

Kapan Jepang Mengebom Pearl Harbor?
Ilustrasi/worldwar2facts.org
Pasukan Jepang mengebom Pearl Harbor pada 7 Desember 1941. Pearl Harbor adalah pangkalan angkatan laut Amerika Serikat, yang ada di Hawaii. Pada hari itu, terjadi serangan mengejutkan oleh kekuatan udara Jepang ke pangkalan tersebut, dan bom yang dijatuhkan Jepang meluluhlantakkan Pearl Harbor.

Pada waktu itu, Perang Dunia II sedang berlangsung. Pengeboman Jepang atas Pearl Harbor tidak hanya melumpuhkan angkatan laut Amerika di Samudera Pasifik, namun juga menyeret Amerika untuk masuk ke kancah Perang Dunia II.

Akibat serangan Jepang, pasukan Amerika dan Sekutu menyatakan perang terhadap Jepang pada 8 Desember 1941. Mereka berhadapan dengan Jepang yang bergabung dengan Jerman dan Italia yang membentuk Blok Poros.

Selama musim panas tahun 1942, kekuatan Amerika berhasil menghentikan kemajuan Jepang dalam perang di Pulau Midway, Guadalcanal, dan Laut Koral.

Namun, setelah peristiwa pengeboman Pearl Harbor, pasukan Jepang dengan cepat menguasai sebagian besar Asia Tenggara, termasuk Singapura, Burma (sekarang Myanmar), dan Filipina.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 2830422623537386042

Posting Komentar

  1. Banyak yang bilang 8 Desember, bang. Jadi yang benar yang mana, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin, itu terkait dengan zona waktu. Di Jepang sudah masuk tanggal 8, tapi di AS masih tanggal 7.

      Hapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item