Apa Penyebab dan Dampak Perang Dunia I?

Apa Penyebab dan Dampak Perang Dunia I?
Ilustrasi/istimewa
Perang Dunia I adalah perang global yang terpusat di Eropa, yang dimulai pada 28 Juli 1914 sampai 11 November 1918. Perang ini melibatkan semua kekuatan besar dunia, yang terbagi menjadi dua aliansi bertentangan, yaitu Sekutu (yang terdiri dari Britania Raya, Prancis, dan Rusia) dan Kekuatan Sentral (yang terpusat pada Aliansi Tiga, yang terdiri dari Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia).

Lebih dari 70 juta tentara, termasuk 60 juta orang Eropa, dimobilisasi dalam salah satu perang terbesar dalam sejarah tersebut. Perang Dunia I adalah salah satu konflik paling mematikan dalam sejarah dunia, sehingga membuka jalan untuk berbagai perubahan politik, seperti revolusi di beberapa negara yang terlibat.

Penyebab jangka panjang perang ini mencakup kebijakan luar negeri imperialis kekuatan besar Eropa, termasuk Kekaisaran Jerman, Kekaisaran Austria-Hongaria, Kesultanan Utsmaniyah, Kekaisaran Rusia, Imperium Britania, Republik Prancis, dan Italia. Sementara pemicunya adalah pembunuhan terhadap Franz Ferdinand dari Austria, yang merupakan pewaris tahta Austria-Hongaria.

Peristiwa pembunuhan yang terjadi pada 28 Juni 1914 itu berujung pada ultimatum Habsburg terhadap Kerajaan Serbia. Sejumlah aliansi yang dibentuk selama beberapa dasawarsa sebelumnya terguncang, sehingga dalam hitungan minggu semua kekuatan besar terlibat dalam perang melalui koloni mereka, dan konflik itu pun segera menyebar ke seluruh dunia.

Perang Dunia I berlangsung dari tahun 1914 sampai 1918, melibatkan 35 negara di dunia. Pasukan dari 31 negara dari blok Sekutu berhadapan dengan 4 negara dari blok Sentral. Selama perang berlangsung, diperkirakan sebanyak 5.525.000 orang tewas dari blok Sekutu, dan 4.386.000 orang tewas dari blok Sentral.

Perang itu dimenangkan oleh blok Sekutu, dan menghasilkan banyak akibat serta dampak yang terjadi. Di antara dampak langsung perang tersebut adalah berakhirnya kekaisaran Jerman, Rusia, Utsmaniyah, dan Austria-Hongaria; terbentuknya negara-negara baru di Eropa dan Timur Tengah; penyerahan koloni Jerman dan wilayah bekas Kesultanan Utsmaniyah ke negara-negara lain; dan pendirian Liga Bangsa-Bangsa, yang kelak berubah menjadi Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 7467402349225444833

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item