Siapakah McDonald yang Menjadi Nama Resto McDonald’s?

McDonald’s, resto cepat saji terkenal, dibuka pertama kali oleh dua bersaudara, yaitu Dick McDonald dan Mac McDonald di San Bernardino, Cal...


McDonald’s, resto cepat saji terkenal, dibuka pertama kali oleh dua bersaudara, yaitu Dick McDonald dan Mac McDonald di San Bernardino, California, pada 1940. Setelah menjalankan usaha itu selama delapan tahun, dua bersaudara tersebut memperkenalkan layanan yang mereka sebut “Speedee Service System” pada tahun 1948, yang kemudian menjadi pinsip dasar restoran siap-saji modern.

Sampai kemudian, usaha kedua bersaudara itu menarik minat Ray Kroc, yang waktu itu menjadi salesman yang memasok barang ke resto milik McDonald’s. Melihat larisnya resto dua bersaudara itu, Ray Kroc berpikir untuk memajukannya sebagai sebuah usaha besar berkala nasional, yang memiliki banyak gerai di banyak tempat. Setelah merundingkannya dengan dua bersaudara McDonald, Ray Kroc kemudian membeli lisensi waralaba restoran McDonald’s pada 15 April 1955.

Berbekal lisensi yang didapatkannya, Ray Kroc lalu membangun resto McDonald’s di di Des Plaines, Illinois, yang menandai lahirnya waralaba McDonald’s pertama di dunia. Kroc kemudian membeli saham McDonald’s bersaudara, dan memimpin perusahaan itu melakukan ekspansi ke seluruh dunia. Saham McDonald’s mulai dijual kepada publik pada 1965.

Seiring perjalanan waktu, terjadi ketegangan antara Ray Kroc dengan dua bersaudara McDonald. Ray Kroc sangat agresif dalam berbisnis, sementara dua bersaudara McDonald sangat bersahaja. Ray Kroc ingin terus berekspansi ke seluruh dunia, sementara dua bersaudara McDonald sudah merasa cukup dengan bisnis mereka. Ketegangan itu lalu berubah menjadi konflik. Dua bersaudara McDonald yang sederhana akhirnya memilih keluar dari bisnis waralaba itu, dan membiarkan Ray Kroc meneruskan bisnis itu tanpa mereka.

Kini, tempat dua bersaudara McDonald membangun restoran pertama kali telah dijadikan monumen untuk mengenang mereka. Sementara agresivitas Ray Kroc dalam mengembangkan resto McDonald’s ke seluruh dunia telah menjadikan resto siap saji itu sebagai simbol globalisasi dan penyebar gaya hidup Amerika.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Tokoh 1177161623362882481

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item