Mengapa Tembok Hadrian Dibangun?

Tembok Hadrian adalah bangunan dinding yang membentang sepanjang 118 kilometer di Romawi, yang dibangun pada masa Kekaisaran Hadrian. Tembo...


Tembok Hadrian adalah bangunan dinding yang membentang sepanjang 118 kilometer di Romawi, yang dibangun pada masa Kekaisaran Hadrian. Tembok itu dibangun pada tahun 122 Masehi, yang ditujukan untuk mempertahankan perbatasan utara Inggris, yang dikuasai Romawi. Dinding Hadrian berfungsi sebagai tempat pemeriksaan pergerakan rakyat antara Inggris dan Skotlandia. Tembok yang panjang dan kuat itu membutuhkan waktu 8 tahun untuk membangunnya.

Pada masa itu, Kekaisaran Romawi diperintah sesuai keinginan pribadi sang kaisar, namun kekuatan kaisar terletak pada tentaranya. Kaisar yang lemah atau berkelakuan buruk kadang-kadang digulingkan oleh jenderal angkatan perangnya.

Beberapa kaisar memerintah dengan baik, misalnya Kaisar Hadrian. Ia sering pergi mengunjungi berbagai tempat untuk memeriksa proyek pembangunan. Namun ada pula kaisar lain, semisal Nero dan Caligula, yang kejam dan sinting. Orang Romawi sangat baik dalam mengorganisasikan pemerintahan, sehingga pemerintahan mereka tetap berjalan lancar meski di pusatnya sedang terjadi kekacauan.

Hmm… ada yang mau menambahkan?



Related

Sejarah 8791766199905352383

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item