Mengapa Matahari Tenggelam di Arah Barat?

Mengapa Matahari Tenggelam di Arah Barat?
Ilustrasi/istimewa
Matahari adalah bintang yang paling dekat dengan Bumi. Bintang adalah reaktor nuklir berukuran raksasa yang menghasilkan energi di dalam intinya. Panas dan cahaya Mataharilah yang menjadikan Bumi bisa dihuni makhluk hidup, termasuk manusia.

Bagi kita, Matahari cukup stabil dan bisa diandalkan, karena kita melihatnya atau tidak, Matahari tetap ada di sana.

Lalu mengapa Matahari terbit dari arah timur dan tenggelam di arah barat? Hal itu terjadi karena arah perputaran Bumi yang berputar ke arah timur. Karena Bumi berputar ke arah timur, Matahari pun terlihat pertama kali (terbit) dari arah itu, dan terlihat tenggelam di arah barat.

Ketika Bumi berputar pada porosnya, Matahari selalu menyinari salah satu sisi, memberikan siang kepada kita, dan memberikan malam pada manusia yang ada di sisi Bumi sebelah. Begitu pula sebaliknya. Karenanya, meski di waktu malam kita tidak melihat Matahari, namun sebenarnya Matahari masih ada di belahan Bumi lainnya.

Di waktu lain, Matahari bisa benar-benar tak terlihat ketika terjadi gerhana Matahari. Ketika itu terjadi, Bulan menghalangi cahaya Matahari untuk mencapai Bumi, sehingga Matahari pun tak terlihat.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 235195304245089737

Posting Komentar

  1. Sangat bermotivasi.. semoga bisa d kembangkan dengan baik lagi

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item