Mengapa Rumah Kepresidenan Amerika Disebut Gedung Putih?

Mengapa Rumah Kepresidenan Amerika Disebut Gedung Putih? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Gedung Putih atau White House adalah rumah kepresidenan Amerika Serikat, yang terletak di 1600 Pennsylvania Avenue. Gedung itu dibangun pada masa kepresidenan George Washington, pada 1792, dan baru selesai pada 1800.

Arsitek yang merancang gedung tersebut adalah James Hoban, seorang Irlandia, yang karya arsitekturnya terpilih dalam sayembara.

Pada tahun 1812, pecah perang antara Inggris dan Amerika, dan banyak gedung di Amerika yang terbakar dalam peperangan itu, termasuk rumah kediaman resmi presiden.

Akibat kebakaran, gedung itu rusak parah, dan bekas-bekas kebakaran membuat gedung itu tampak mengerikan karena warna kehitamam menghias di sana-sini.

Untuk menyembunyikan kerusakan, gedung itu pun segera dikapur putih, dan dari situlah sebutan Gedung Putih mulai muncul di kalangan masyarakat Amerika, ketika menyebut rumah kediaman presiden mereka.

Sebelumnya, tempat kediaman presiden Amerika telah memiliki beberapa sebutan, yaitu ‘Executive Mansion’, ‘President’s House’, dan ‘Presiden’s Palace’. Pada tahun 1901, karena nama ‘White House’ atau ‘Gedung Putih’ sangat terkenal, presiden Theodore Roosevelt pun meresmikan nama tersebut.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 7973371740150007475

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item