Apakah Harun Al-Rasyid dan Abu Nawas Benar-benar Ada?

Nama Harun Al-Rasyid dan Abu Nawas sangat terkenal, karena kedua nama itu muncul dalam berbagai dongeng, khususnya Kisah 1001 Malam yang te...


Nama Harun Al-Rasyid dan Abu Nawas sangat terkenal, karena kedua nama itu muncul dalam berbagai dongeng, khususnya Kisah 1001 Malam yang terkenal. Karenanya, kedua nama itu pun dianggap tokoh fiktif yang hanya ada di dunia fiksi. Namun, berdasarkan sejarah, Harun Al-Rasyid dan Abu Nawas benar-benar ada.

Harun Al-Rasyid adalah khalifah dari Dinasti Abbasiyah, yang memerintah Baghdad sejak tahun 750. Di bawah pemerintahan Harun Al-Rasyid, peradaban Islam menjadi sangat terkenal, khususnya dalam ilmu pengetahuan, pendidikan, dan kesenian. Harun juga terkenal di mana-mana, dan dia termahsyur sebagai pendukung kesenian yang tidak segan memberi hadiah mewah kepada para penyair dan pemusik.

Abu Nawas adalah penyair terhebat di masa Harun Al-Rasyid, sehingga Harun sangat menyukainya, dan sering mengajak Abu Nawas kemana-mana. Harun gemar menyaksikan pertarungan anjing, juga terkenal suka mengeksekusi orang. Dalam keseharian, Harun suka berjalan-jalan di bawah sinar bulan, bersama Abu Nawas dan Masrur, algojo kepercayaannya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Tokoh 8985608259153716065

Posting Komentar

  1. cuma mau nanya, atau mungkin saran, kenapa di tiap artikel blog ini ga dikasih tombol share aja? jg tombol likes atau +1?
    saya pengen kasih +1 buat yang ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu ada tombol kayak gitu, tapi terpaksa dihilangkan karena keberadaan tombol-tombol itu bikin tampilan blog jadi tidak rapi.

      Hapus
  2. wah udah ga ada moderasi! #langsungnyepam

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item