Apakah Daun yang Tidak Hijau Bisa Berfotosintesis?


Fotosintesis dapat dilakukan oleh organisme yang memiliki pigmen klorofil pada sel tubuhnya. Ada empat kelompok organisme yang memiliki klorofil, yaitu tumbuhan, ganggang, protista uniseluler, dan prokariota fotosintetik. Klorofil pada tumbuhan terdapat di dalam kloroplas, sedangkan subtansi klorofil pada organisme uniseluler terdapat di dalam sitoplasma. Dengan klorofil, organisme mampu menangkap energi matahari untuk menyintesis molekul-molekul organik kaya energi dari prekursor anorganik, yaitu air (H2O) dan karbondioksida (CO2).

Apakah tumbuhan yang daunnya tidak hijau bisa berfotosintesis? Bisa atau tidaknya tumbuhan melakukan fotosintesis tidak tergantung pada warnanya, namun dari ada atau tidaknya klorofil. Ada tumbuhan yang berklorofil, tapi berwarna cokelat, merah, atau keemasan. Contohnya kelompok protista yang menyerupai tumbuhan. Kelompok ini memiliki klorofil, tapi memiliki pigmen yang berbeda.

Ada pula tumbuhan yang disebut Graptophylum pictum, yang memiliki daun berwarna ungu. Meski daunnya tidak hijau, namun tumbuhan itu tetap dapat melakukan fotosintesis, karena memiliki substansi klorofil.

Warna tumbuhan berbeda-beda, disebabkan kandungan pigmennya. Namun, umumnya daun memiliki pigmen klorofil karena sebagian besar daun tumbuhan melakukan fotosintesis untuk kebutuhan hidupnya. Dan tumbuhan hanya dapat melakukan fotosintesis jika memiliki klorofil.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Artikel Terkait Flora

2 komentar: