Kapan The Beatles Tampil Pertama kali?


Group musik Inggris, The Beatles, tampil pertama kali di Liverpool’s Cavern Club, pada 21 Maret 1961. Satu tahun setelah itu, pada 5 Oktober 1962, mereka meluncurkan album pertama dengan titel “Love Me Do” yang kemudian sangat sukses, dan mengawali kisah legenda mereka di dunia musik.

The Beatles berawal dari John Lennon, yang waktu itu berusia 16 tahun, yang membentuk group musik bersama teman-teman sekolahnya di Liverpool pada Maret 1957. Paul McCartney masih berusia 15 tahun saat ia bergabung dengan Lennon, yang kemudian disusul dengan masuknya George Harrison. Semula, group musik yang mereka bentuk itu bernama The Quarrymen.

Pada Januari tahun selanjutnya, Stuart Sutcliffe—seorang teman sekelas Lennon—bergabung dengan mereka dan mengusulkan untuk mengganti nama group mereka menjadi The Beetles. Usul itu dilakukan, namun kemudian The Beetles diganti lagi menjadi The Beatals tak lama kemudian. Setelah itu mereka mencoba memakai nama lain, seperti Johnny and the Moondogs, Long John and The Beetles, dan The Silver Beatles. Namun akhirnya mereka menyepakati untuk memakai nama The Beatles.

The Beatles dianggap sebagai pemusik paling sukses secara komersial, dan terbanyak mendapat pujian dalam musik populer. Sejak tahun 1962, kelompok ini terdiri dari John Lennon (gitar ritem, vokal), Paul McCartney (gitar bass, vokal), George Harrison (gitar utama, vokal), dan Ringo Starr (drum, vokal). The Beatles dipandang sebagai perwujudan ide-ide progresif, yang berpengaruh terhadap revolusi sosial budaya dekade 60-an.

Sepuluh tahun sejak didirikan, The Beatles bubar pada tahun 1970, dan kemudian masing-masing personilnya bersolo karir. Namun, empat dekade setelah bubar, musik The Beatles masih populer. Mereka memiliki lebih dari satu album nomor 1 di tangga lagu Britania Raya, dan bertengger paling lama dibanding pemusik mana pun. Berdasarkan RIAA, mereka adalah pemusik yang menjual album terbanyak di Amerika Serikat.

Selama berkarir, The Beatles mendapatkan 7 Grammy Awards, 15 Ivor Novello Awards dari British Academy of Songwriters, Composers and Authors, sementara Majalah TIME memasukkan mereka—secara kolektif—sebagai orang paling berpengaruh di abad 20.

Hmm... ada yang mau menambahkan?



Artikel Terkait Sejarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar