Dari Mana Nama-nama Hari Dibuat?

Dari Mana Nama-nama Hari Dibuat? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Empat dari nama hari dalam seminggu yang kita gunakan saat ini, berasal dari bahasa Skandinavia. Sedangkan yang lain berasal dari bintang di langit.

Nama Sunday (Minggu) digunakan untuk menghormati Sun (Matahari). Monday (Senin) berasal dari Moon (Bulan). Tuesday (Selasa) berasal dari nama Tiw, dewa perang Skandinavia. Wednesday (Rabu) berasal dari nama Woden atau Odin, pemimpin para dewa Skandinavia. Thursday (Kamis) berasal dari nama Thor, dewa guntur. Friday (Jum’at) berasal dari nama Freya atau Fringga, sang dewi persahabatan. Sedangkan Saturday (Sabtu) diambil dari Saturnus.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 4115930698944865525

Posting Komentar

  1. Jumlah hari yang ada tujuh itu, dalam bahasa Arab, nama-nama hari-nya disebut berdasarkan urutan: satu, dua, tiga, sampai tujuh, yakni ahad, itsnain, tsalatsah, arba’ah, khamsah, sittah, dan sab’ah. Bahasa Indonesia mengikuti penamaan Arab ini, sehingga menjadi Ahad, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum’at, dan Sabtu. Hari keenam disebut secara khusus: Jum’at, sebab itu-lah penamaan yang diberi-kan Allah di dalam Al-Qur’an, yang menunjuk-kan ada-nya kewajiban shalat Jum’at berjamaah.

    Penamaan Minggu berasal dari bahasa Portugis, Dominggo, yang berarti hari Tuhan. Ini berdasar-kan kepercayaan Kristen bahwa pada hari itu Yesus bangkit. Tetapi, orang Islam tidak mempercayai hal itu (berbeda agama maka beda pula cerita yang dicerita-kan agama masing-masing), sehingga lebih menyukai pemakaian “Ahad” daripada “Minggu”.

    Taken from: http://indonesiaindonesia.com/f/48079-asal-nama-hari/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tengkyu, tengkyu, atas tambahannya yang sangat bagus!

      Hapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item