Siapakah Syaikh Mufid?

Siapakah Syaikh Mufid? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Syaikh Mufid adalah nama panggilan untuk seorang ulama Baghdad yang bernama asli Muhammad bin Muhammad. Ia adalah ilmuwan sekaligus ahli fiqih terkemuka yang lahir di Baghdad.

Dibesarkan dalam keluarga yang mencintai ilmu pengetahuan, Syaikh Mufid telah jatuh cinta pada ilmu sejak masih kecil. Keluarganya pula yang memberikannya pendidikan dasar sebelum kemudian ia melanjutkan pendidikannya ke para ulama terkemuka di zamannya.

Yang membuat nama Syaikh Mufid segera dikenal orang adalah kebiasaan belajarnya yang dianggap kurang lazim—ia suka berdebat dengan para ulama dan para ilmuwan lain untuk menemukan kebenaran yang dicarinya. Melalui perdebatan-perdebatan itulah kemudian Syaikh Mufid mengembangkan ilmu teologi, fiqih, dan perbandingan agama.

Sebagai guru, Syaikh Mufid telah membimbing banyak murid yang kemudian juga banyak yang menjadi ilmuwan serta ulama besar, di antaranya adalah Syaikh Thusi, Sayyid Murtadha, dan Sayyid Ridha. Sepanjang hidupnya, Syaikh Mufid telah menulis 200-an jilid karya, di antaranya berjudul “Al-Irsyad”, “Al-Arkan”, dan “Ushulul Fiqh.”

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 2289816837580710187

Posting Komentar

  1. wah bagus namanya buat dijadikan nama anak saya nanti, siapa tahu bisa pintar seperti dia :)

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item