Dari Mana Asal Usul Nama Wikipedia?

Dari Mana Asal Usul Nama Wikipedia? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Wikipedia, ensiklopedia paling terkenal di internet, terlahir ke dunia pada 15 Januari 2001, setelah Lawrence Mark Sanger dan Jimmy Donal Wales bekerjasama menciptakan ensiklopedia dengan menggunakan konsep wiki.

Sebelumnya, pada 1995, konsep wiki dimulai oleh Ward Cunningham ketika dia meluncurkan platform web yang disebut The Portland Pattern Repository. Cunningham mendapatkan istilah “wiki” ketika ia berkunjung ke Hawaii, dan mengetahui bahwa arti “wiki” adalah “cepat”. Karenanya, ketika ia membuat platform web baru dan mencari nama yang cocok, ia pun menamai teknologi buatannya itu sebagai WikiWikiWeb.

Wiki adalah sebuah situs web (atau koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang mengizinkan penggunanya menambah atau mengubah isi situs tersebut. Istilah Wiki juga dapat merujuk kepada software kolaboratif yang digunakan untuk menciptakan situs web semacam itu.

Konsep Wiki mulai terkenal pada akhir abad 20 karena dianggap sebagai teknologi yang menjanjikan untuk membangun database pengetahuan, baik untuk pribadi maupun untuk kepentingan publik.

Potensi itulah yang kemudian memberikan inspirasi kepada Lawrence Mark Sanger dan Jimmy Donal Wales—para pendiri proyek ensiklopedia Nupedia—untuk memanfaatkan teknologi Wiki dalam membangun sesuatu yang mereka sebut sebagai electronicencyclopedia, yang lalu menjadi Wikipedia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 3960036001824671981

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item