Apa Makanan Ikan Paus yang Besar itu?


Di posting sebelumnya dijelaskan bahwa binatang paling besar saat ini adalah paus biru (balaenoptera musculus), yang beratnya mencapai 130.000 kilogram dan panjangnya mencapai 30 meter (lihat penjelasan mengenai Hewan apa yang Paling Besar?). Nah, apa makanan ikan yang sangat besar itu?

Uniknya, ikan paus yang amat besar itu ternyata pemakan makhluk yang sangat kecil, yang disebut plankton. Plankton adalah makhluk hidup yang sangat kecil, bahkan lebih kecil dibanding semut. Jumlah makhluk ini sangat banyak, dan hidup melayang-layang di dalam air.

Ikan paus yang besar-besar itu memangsa plankton dengan cara menyaring air dalam mulutnya yang berfungsi seperti saringan, sehingga jutaan plankton yang berhasil tersaring akan tinggal di dalam mulutnya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Artikel Terkait Fauna

8 komentar:

  1. katanya makanannya krill?

    BalasHapus
  2. katanya wikipedia om (http://id.wikipedia.org/wiki/Paus_biru)

    padahal tadinya aku cuma mau nambahin kalo plankton yg dimakan paus itu yg jenis tumbuhan(fitoplankton) bukan hewan(zooplankton), tapi pas google buat meyakinkan diri kok malah nemu hasil bahwa makanannya krill. jadi gimana tuh om, mana yg bener? dan, krill itu apa sih?

    BalasHapus
  3. Ya Yen, selain makan plankton, paus juga makan krill. Nah, krill itu apa? Kalau nggak salah sih krill itu ya plankton.

    BalasHapus
  4. masa sih om? tapi disini katanya bukan. katanya Hewan krill adalah hewan air berkulit keras dengan tubuh kecil seperti udang.

    sumber : http://pranaindonesia.wordpress.com/pemanasan-global/calon-penyelamat-bumi/

    BalasHapus
  5. sudah sudah makan dulu sanah....

    BalasHapus
  6. Apa lg makanan ikan paus selain krill dan plankton ?

    BalasHapus
  7. Plankton dan krill itu makanannya paus biru atau semua jenis paus?

    BalasHapus