Mengapa Urine Kadang Warnanya Berbeda?

Mengapa Urine Kadang Warnanya Berbeda? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/aelminingservice.com
Kalau kita perhatikan, urine (air seni) yang kita keluarkan sewaktu buang air kecil memiliki warna yang kadang berbeda—bisa putih, kuning, atau kekuning-kuningan. Mengapa bisa seperti itu? Dan warna seperti apakah yang dianggap normal?

Warna urine atau air seni kita dipengaruhi oleh zat-zat atau bahan-bahan yang kita makan dan kita minum. Karena itulah kadang warna urine berbeda, tergantung pada apa yang telah kita konsumsi. Beberapa jenis obat-obatan yang dikeluarkan melalui ginjal atau air seni juga akan memberikan warna tertentu pada air seni yang dikeluarkan.

Warna air seni yang dianggap normal adalah yang jernih kekuning-kuningan, atau yang berwarna putih jernih.

Hmm… ada yang mau menambahkan? 

Related

Tubuh Manusia 2616074063215117778

Posting Komentar

  1. kalau warnanya jernih, berarti sehat dan ga kekurangan cairan. kalau kuning kemerahan berarti dehidrasi. oh ya, aku juga baru tahu kalau urine mengandung lemak juga. #baru tes urine soalnya. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu tes urin kehamilan ea??
      tanda awal hamil kehamilan tu apa?

      Hapus
  2. @Huda Tula
    Tengkyu untuk tambahannya. Urine juga mengandung lemak ya?
    Eh, kok sampai tes urine segala, dalam rangka apa?

    BalasHapus
  3. wah, kalo saya jarang banget yang putih jernih.
    paling sering tuh yang kekuning-kuningan, tapi jernih. :D

    BalasHapus
  4. @Yus Yulianto
    Selamat, berarti kamu sehat!
    Lagian kalau putih jernih, ntar kamu pakai buat ngisi akuarium. :D

    BalasHapus
  5. kalo saya justru warna urine nya kuning pekat, padahal saya cukup banyak minum air putih, apakah aktifitas begadang mempengaruhi warna urine mas hoeda?kalo saya justru warna urine nya kuning pekat, padahal saya cukup banyak minum air putih, apakah aktifitas begadang mempengaruhi warna urine mas hoeda?

    BalasHapus
  6. @shofyan oyan
    Wah, kuning pekat? Gak tahu ya. Saya sendiri juga begadang tiap malam, dan udah bertahun-tahun. Tapi kok urine saya normal-normal aja ya.

    BalasHapus
  7. wah :( apakah ada faktor turunan bisa berpengaruh juga ?

    BalasHapus
  8. @shofyan oyan
    Coba nanti saya bahas di posting lain aja ya. Soalnya juga ada yang memasukkan pertanyaan soal kenapa urine berbau.

    BalasHapus
  9. kalo urine saya gak tentu, kadang jernih, kadang kuning, kalo lagi dapet ya jadi agak kemerahan. Oops... Gak papa lah ya nambah informasi agak vulgar. Kan biar bujang-bujang bloggernya tau.

    BalasHapus
  10. @honeylizious
    OOT. Kok koment-mu di emailku bisa muncul alamat emailnya? Padahal koment2 orang lain gak pernah muncul. Itu gimana kok bisa gitu?

    BalasHapus
  11. aku BEWE pake ponsel ngasi komengny, emang yang muncul email yg mana? kemaren jg ad yg bilang gt.

    BalasHapus
  12. Kalau detailnya dibuka, maka akan muncul keterangan seperti ini:

    dari honeylizious
    listia_19@yahoo.com
    lewat blogger.bounces.google.com
    ke hoedamanis@gmail.com
    tanggal 4 September 2011 23:33
    subjek [Belajar Sampai Mati] Komentar baru di...

    Kalau koment orang lain gak memunculkan alamat email kayak gitu sewaktu detailnya dibuka. Jadi hanya memunculkan keterangan kalau itu via blogger.bounces.google.com

    Gitu lho.

    BalasHapus
  13. tanya om, kalo lama rentang waktu antara pipis satu dgn pipis berikutnya ikut mempengaruhi warna urine ga?
    karena saya amat2i semakin lama saya rentang waktunya semakin kuning urine nya. benarkah pengamatan saya ini?

    BalasHapus
  14. @YeN
    Wah, aku malah baru dengar tuh Yen. Ntar deh aku nyari2 dulu referensinya. Kali-kali aja ketemu.

    BalasHapus
  15. waktu itu saya sakit gk tau kenapa urin say jadi warna ijo itu knapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin pengaruh obat-obatan yang dikonsumsi?

      Hapus
  16. kenapa lo urine itu bisa pesing ya mas hoeda ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya, urine berbau amoniak. Bau pesing atau tidak sedap itu muncul, karena bakteri di closet atau kamar mandi mengolah zat-zat yang ada dalam urine, sehingga menimbulkan bau tidak sedap.

      Hapus
  17. urin gw warna hijau. . .
    Gmana tu. . ? ?
    Hahaha

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item