Apa Sebenarnya Arti SOS dan Mayday?


Apa arti SOS sesungguhnya? Ada yang bilang SOS adalah singkatan dari “Save Our Ship”, “Save Our Souls”, “Survivors On Ship”. Ada pula yang menyatakan bahwa SOS adalah siangkatan dari “Save Our Sailors”, “Stop Other Signals”, dan “Send Out Sailors”. Mana yang benar?


Sebenarnya, SOS bukan singkatan—melainkan kode Morse (alfabet yang digunakan pada telegraf, cikal bakal terciptanya komunikasi canggih seperti sekarang). Dipilihnya huruf S-O-S adalah karena mudah diingat jika dituliskan (dalam kode Morse). S = titik titik titik, dan O = garis garis garis (• • • - - - • • •).

Pada masa kini, SOS menjadi nama untuk tanda bahaya kode Morse internasional. Tanda itu pertama kali digunakan oleh pemerintah Jerman pada 1 April 1905, dan menjadi standar di seluruh dunia sejak 3 November 1906 untuk mengisyaratkan keadaan bahaya.

Dalam perkembangannya kemudian, banyak orang yang “menempatkan” kata-kata atau kalimat tertentu sebagai kepanjangan SOS. Kata-kata itu bisa “Save Our Ship”, “Save Our Souls”, “Survivors On Ship”, “Save Our Sailors”, “Stop Other Signals”, dan “Send Out Sailors”.


Istilah “Mayday” sering kali digunakan sebagai tanda atau kode bahaya, khususnya di pesawat. (Saya sering melihat di film, pilot pesawat meneriakkan, “Mayday! Mayday!” ketika menghadapi masalah atau bahaya tertentu). Apa sebenarnya arti “Mayday”?

“Mayday” adalah tanda bahaya yang digunakan dalam hubungan komunikasi radio. “Mayday” berasal kata dari “M’aidez” yang dalam bahasa Prancis berarti “Tolong saya.”

Hmm… ada yang mau menambahkan? 


Artikel Terkait Umum

7 komentar:

  1. nggak pengen nambahin apa-apa sih mas soalnya saya tahu informasinya baru sekarang..

    tararengciu ya?

    BalasHapus
  2. pernah sih denger istilah SOS en MayDay, tp yg pengen ku tanyain, kenapa peringatan hari buruh juga menggunakan istilah MayDay, adakah hubungannya dengan tanda bahaya tsb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masukan bagus. Coba nanti saya cari jawabannya ya.

      Hapus
    2. Mgkin karena hari buruh diperingati tiap 1 mei. Mei dalam bhs inggri kn "may". Jadinya disebut "Mayday". Hehehe.,.


      Jwban ngasal aja.,.

      Hapus
    3. Hehe, sepertinya pas ya, peringatan di bulan Mei. Coba nanti kita cari latar belakang ilmiahnya.

      Hapus
    4. Kalo hari buruh yang diperingati 1 Mei itu penulisannya dikasih spasi yaitu May Day

      Hapus