Siapakah Napoleon Bonaparte?

Siapakah Napoleon Bonaparte? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/grid.id
Napoleon Bonaparte adalah kaisar Prancis yang sangat terkenal dalam sejarah. Ia lahir pada tahun 1769, dan sejak muda telah masuk akademi militer Prancis.

Karir militer Napoleon semakin meningkat seusai Revolusi Prancis tahun 1789, dan rakyat Prancis kemudian memilihnya sebagai konsul seumur hidup pada tahun 1802. Dua tahun kemudian, pada 18 Mei 1804, Napoleon dinobatkan sebagai Kaisar Prancis.

Napoleon sangat berambisi untuk memperluas wilayah kekuasaannya, sehingga periode kepemimpinannya dipenuhi berbagai peperangan. Namun, pada tahun 1812, setelah mengalami kekalahan besar dari Rusia, kekuatan Prancis semakin melemah.

Setelah kalah dalam melawan pasukan gabungan Rusia, Inggris, dan Austria pada tahun 1814, Napoleon digulingkan dari kekuasaannya, dan dibuang ke pulau Elba.

Napoleon kemudian berhasil melarikan diri dari Pulau Elba, dan kembali ke Prancis untuk merebut kekuasaan. Ia berhasil meraih kekuasaannya kembali. Namun, setelah seratus hari berkuasa, Napoleon kembali digulingkan setelah kalah dalam Perang Waterloo melawan Inggris.

Ia pun ditawan Inggris, dan dibuang ke pulau St. Helen. Enam tahun kemudian, pada 5 Mei 1821, ia meninggal di tempat pembuangannya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 273785840463396660

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item