Siapakah Henry Ford?

Siapakah Henry Ford? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/history.com
Henry Ford adalah pendiri Ford Motor Company, perusahaan pertama di dunia yang menciptakan model perakitan modern yang digunakan dalam produksi massal untuk otomotif. Salah satu mobil produksinya yang paling terkenal, Model T, menciptakan revolusi transportasi di Amerika, bahkan dunia.

Dilahirkan di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat, pada 30 Juli 1863, Ford memulai karirnya sebagai teknisi magang di Detroit pada tahun 1879, dan bekerja di perusahaan mesin uap Westinghouse. Pada tahun 1891, Ford bergabung dengan perusahaan Thomas Alva Edison, dan di sanalah ia mulai mencurahkan pikiran untuk membangun sebuah kendaraan yang dapat digerakkan dengan bensin.

Upaya Ford tercapai pada tahun 1896, ketika ia berhasil membuat Quadricycle Ford, sebuah kendaraan bermesin yang dapat bergerak menggunakan bahan bakar bensin. Test-drive pertama untuk kendaraan itu dilakukannya pada 4 Juni di tahun yang sama. Upaya Ford tersebut didukung oleh Edison, yang kemudian mendorong Ford untuk mengembangkannya lebih lanjut.

Pada tahun 1898, Ford mengundurkan diri dari perusahaan Edison, dan membangun perusahaannya sendiri, Detroit Automobile, pada 5 Agustus 1899. Di perusahaannya tersebut, Ford mengembangkan mesin kendaraan buatannya, dan berencana untuk memproduksi kendaraan yang dapat digunakan masyarakat. Hasilnya adalah sebuah mobil berbahan kayu yang kurang diminati. Perusahaan itu bangkrut pada awal 1901.

Tiga tahun setelah itu, pada 1903, Ford mendirikan Ford Motor Company, dan di perusahaan barunya itulah ia kemudian berhasil memproduksi mobil yang benar-benar diminati masyarakat, dengan sistem perakitan modern yang belum pernah digunakan sebelumnya, sekaligus dengan harga paling murah di antara mobil-mobil lainnya yang pernah ada—sebuah mobil yang terkenal sebagai Ford Model T—dan selanjutnya adalah sejarah.

Selama hidupnya, Henry Ford adalah pekerja yang sangat ulet dan kreatif. Ia juga penemu yang sangat produktif, sehingga memegang 161 hak paten. Sedangkan sebagai pemilik Ford Motor Company, ia menjadi salah satu orang terkaya dan paling terkenal di dunia.

Sebegitu besarnya pengaruh yang diciptakan Henry Ford bagi dunia—khususnya melalui perusahaan mobilnya—sampai-sampai Adolf Hitler pun mengaguminya. Hitler menyimpan potret Henry Ford di samping mejanya, dan ia pernah menyatakan, “Saya menganggap Henry Ford sebagai inspirasi saya.”

Kata-kata itu tertulis di koran Detroit News pada 1931, dari seorang reporter yang mewawancarai Hitler. Karenanya, pada Juli 1938, empat bulan setelah aneksasi Jerman atas Austria, Hitler menganugerahi Cross Grand Eagle untuk Henry Ford, sebuah medali tertinggi yang diberikan Nazi Jerman untuk orang asing.

Sementara Henry Ford sendiri sangat mengagumi Thomas Alva Edison. Ketika Edison sekarat, Ford meminta anak Edison untuk menyiapkan tabung yang ditujukan untuk “menyimpan” napas terakhir Edison. Sampai sekarang, tabung berisi napas Edison itu masih tersimpan di Museum Henry Ford.

Pada tahun 1936, Henry Ford memutuskan untuk membangun Ford Foundation, sebuah yayasan yang ia inginkan dapat meningkatkan kesejahteraan manusia melalui dana penelitian, hibah pendidikan, dan pembangunan. Memasuki tahun 1945, kesehatan Henry Ford memburuk, dan perusahaannya kemudian dipegang oleh cucunya, Henry Ford II, sedangkan dirinya pensiun.

Dua tahun setelah itu, pada 7 April 1947, Henry Ford meninggal. Ia dimakamkan di Pemakaman Ford, di Detroit, dalam usia 83 tahun.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 2265065845084279047

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item