Kapan Berdirinya Persatuan Wartawan Indonesia?

Kapan Berdirinya Persatuan Wartawan Indonesia? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/ayojakarta.com
Secara resmi, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berdiri pada 9 Februari 1946.

Organisasi wartawan di Indonesia telah bermunculan sejak zaman pendudukan Belanda. Pada tahun 1914, di Surakarta telah muncul organisasi wartawan bernama Inlandsche Journalisten Bond (IJB), yang didirikan oleh Marco Kartodikromo, Dr. Tjipto Mangunkusumo, Sosro Kartono, dan Ki Hadjar Dewantara.

Selain IJB, organisasi wartawan lainnya adalah Sarekat Journalists Asia, yang didirikan pada 1925, Perkumpulan Kaoem Journalists (1931), serta Persatoean Djurnalis Indonesia (1940). Berbagai organisasi wartawan tersebut tidak berumur panjang, akibat tekanan dari pemerintahan kolonial.

Kemudian, pada 9 Februari 1949, atas prakarsa dari beberapa orang wartawan, diselenggarakan Kongres Wartawan di Solo yang hasilnya kemudian menyepakati untuk mendirikan suatu organisasi dengan nama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Tujuannya adalah untuk menyatukan seluruh wartawan beserta semua potensi yang dimilikinya. Di dalam kongres itu, Mr. Sumanang terpilih sebagai Ketua PWI yang pertama.

Penetapan tanggal 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional baru muncul pada Kongres ke-16 PWI di Padang, tahun 1978. Salah satu keputusan Kongres waktu itu adalah mengusulkan kepada pemerintah untuk menetapkan tanggal 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional. Tujuh tahun kemudian, melalui Surat Keputusan Presiden No. 5/1985, hari lahir PWI pun resmi menjadi Hari Pers Nasional.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 2932063246918817116

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item