Apa Tujuan Didirikannya NATO?


Pada 4 April 1949, Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO, North Atlantic Treaty Organization) secara resmi dibentuk di Brussel, Belgia, dengan 12 negara yang menandatangani piagam pendiriannya. Kedua belas begara itu adalah Inggris, Kanada, Amerika, Prancis, Italia, Portugis, Islandia, Luksemburg, Belanda, Denmark, Norwegia, dan Portugis.

Tujuan didirikannya NATO adalah untuk menjaga perdamaian dan keamanan bagi para negara anggotanya dalam bidang politik, militer, dan pertahanan dalam menghadapi ancaman. Inti dari piagam NATO adalah kesepakatan di antara negara-negara di atas untuk membentuk pertahanan bersama.

Oleh karena itu, segala bentuk serangan yang ditujukan kepada salah satu negara anggota NATO akan dianggap sebagai serangan terhadap negara-negara lainnya. Pasal terpenting dari piagam pendirian NATO adalah, “Serangan bersenjata terhadap satu atau lebih dari mereka di Eropa atau Amerika Utara akan dianggap sebagai serangan terhadap mereka semua.”

Kemudian, beberapa tahun setelah NATO resmi berdiri, beberapa negara lain ikut bergabung, yaitu Yunani, Jerman, Turki, dan Spanyol.

Hmm... ada yang mau menambahkan?


Artikel Terkait Sejarah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar