Siapakah Bertrand Russell?

Siapakah Bertrand Russell? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/writerswrite.com
Dilahirkan pada 18 Mei 1872, Bertrand Arthur William Russell adalah filsuf dan ahli matematika ternama Inggris. Dia menulis banyak sekali buku tentang berbagai disiplin ilmu, mulai filsafat, moral, pendidikan, sejarah, agama, dan politik. Sumbangan terbesarnya di dunia ilmiah adalah di bidang logika matematika.

Bertrand Russell dididik secara privat di rumahnya, sebelum menempuh pendidikan di Trinity College dan Universitas Cambridge. Di sana Russel meraih gelar di bidang matematika dan ilmu-ilmu moral. Pada tahun 1908, dia terpilih menjadi anggota Royal Society.

Setelah lulus dari Cambridge, Russel mengajar di Trinity College, tapi ia dipecat dari sana pada 1916, ketika ia dipenjara akibat aktivitasnya dalam seruan antiperang. Itu bukan hukuman satu-satunya bagi Russel, karena hanya berselang dua tahun setelah itu ia kembali dihukum penjara karena aktivitas yang sama.

Selama di dalam penjara itulah ia menulis buku “Introduction to Mathematical Philosophy”, yang kelak menjadi buku terkenal. Ketika akhirnya ia bebas pada 1944, Trinity College memintanya kembali mengajar.

Pada tahun 1949, Russell dianugerahi Order of Merit, dan menerima hadiah Nobel Sastra pada tahun 1950. Selama dasawarsa 1950-an dan 1960-an dia menjadi inspirasi kaum muda karena aktivitas antiperang dan antinuklir yang dilakukannya. Bersama dengan Albert Einstein, dia mengumumkan Manifesto Russell-Einstein pada tahun 1955, yang menghimbau pembatasan senjata nuklir di dunia.

Selain itu, Russell juga merupakan pengatur utama Konferensi Pugwash Pertama, yang mengumpulkan para ilmuwan yang prihatin terhadap penyebaran senjata nuklir. Dia tetap menjadi figur publik sampai saat wafatnya pada tahun 1970. Bertrand Russel meninggal dunia pada 2 Februari 1970.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 6530687974995897602

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item