Siapakah J. K. Rowling?

Siapakah J. K. Rowling? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/medium.com
Joanne Kathleen Rowling lahir di Chipping Sodbury, Inggris, pada 31 Juli 1965. Setelah menyelesaikan pendidikannya di Universitas Exeter, Rowling pindah ke Portugal pada tahun 1990 untuk mengajar bahasa Inggris. Di sana ia menikah, dan melahirkan seorang anak perempuan. Tapi kemudian pernikahan itu berakhir perceraian, dan Rowling lalu pindah ke Edinburgh, Skotlandia, bersama anaknya.

Di Edinburgh, Rowling menjalani kehidupan yang susah karena kesulitan menghidupi diri dan anaknya. Dalam keadaan hidup susah itulah ia mulai menulis naskah buku pertamanya. Ia menyelesaikan naskah Harry Potter pertama kali pada tahun 1900, namun naskahnya ditolak beberapa kali, sampai kemudian sebuah penerbit bersedia menerbitkannya.

Ketika akhirnya “Harry Potter” diterbitkan, dunia pun segera menyambutnya. Serial yang memiliki tujuh jilid itu terjual jutaan eksemplar untuk setiap jilidnya, dan J. K. Rowling segera menjadi penulis terkaya di dunia.

Pada tahun 1999, tiga seri “Harry Potter” bahkan menempati tiga peringkat teratas dalam daftar New York Times best-seller, setelah memperoleh kedudukan yang sama di Britania Raya. Kisah “Harry Potter” kemudian difilmkan, dan filmnya pun segera menjadi box office, bahkan memecahkan rekor sebagai film terlaris sepanjang masa.

Pada akhir Desember 2001, Rowling menikah dengan Dr. Neil Murray, di Skotlandia, dan dikaruniai dua anak. Yang laki-laki bernama David Gordon Rowling Murray, sedang yang perempuan bernama Mackenzie Jean Rowling Murray.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 812033723835389289

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item