Siapakah Pablo Picasso?

Siapakah Pablo Picasso? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/history.com
Pablo Ruiz Picasso adalah seniman terkemuka dalam aliran kubisme, dan dikenal sebagai pelukis revolusioner abad ke-20. Karya-karyanya mencakup patung, grafis, keramik, kostum penari balet, sampai tata panggung.

Ia lahir di Malaga, Spanyol, 25 Oktober 1881, dengan nama lengkap Pablo Diego José Santiago Francisco de Paula Juan Nepomuceno Crispín Crispiniano de los Remedios Cipriano de la Santísima Trinidad Ruiz Blasco y Picasso López. Ayahnya bernama Josse Ruiz Blasco, seorang profesor seni, dan ibunya bernama Maria Picasso Lopez.

Setelah lulus dari School of Fine Arts di Barcelona, Picasso belajar ke Royal Academy di Madrid. Tak lama kemudian ia kembali ke Barcelona, dan bergabung dengan Els Quatre Gats, tempat para penyair, artis, dan kritikus saling bertukar ide. Pada usia 23 tahun, Picasso pindah ke Paris, yang menjadi kota pusat seni dunia pada masa itu.

Jika kebanyakan seniman terkenal ditandai dengan satu gaya tertentu dalam karyanya, Picasso mampu menghadirkan berbagai macam gaya yang sama-sama menakjubkan, yang kemudian menjadi cikal bakal gaya “Kubisme”, suatu aliran baru dalam seni lukis.

Gaya kubisme mengejutkan dunia seni, karena mengubah persepsi orang atas suatu keindahan seni. Jika sebelumnya suatu lukisan mudah dikenali bentuk atau wujudnya, Picasso mengubahnya secara drastis, sehingga objek lukisannya sulit dikenali lagi, seperti yang ia tuangkan lewat karyanya yang terkenal, “Les Demoiselles d’Avignon”.

Gaya kubisme yang dilahirkan Picasso mengubah wawasan dunia atas penilaian suatu lukisan, bahwa lukisan tidak hanya sebatas keindahan seni, tetapi juga merupakan hasil penelitian dan eksperimen.

Ketika meninggal dunia pada 1973, Picasso telah melahirkan tidak kurang dari 20.000 karya dalam hidupnya. Ia meninggal dunia pada 8 April 1973, dalam usia 91 tahun.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 3241528582985832568

Posting Komentar

  1. pablo picasso juga seorang yg kaya raya karena pandai menjual ide" dan lukisannya

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item