Kapan Telepon Seluler Diperkenalkan?

Kapan Telepon Seluler Diperkenalkan? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/goodmoney.id
Telepon seluler diperkenalkan pertama kali ke dunia pada 3 April 1973.

Telepon selular atau handphone adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel; mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless).

Cikal bakal telepon seluler dimulai pada tahun 1910, ketika Lars Magnus Ericsson dari Swedia mendirikan perusahaan Ericsson yang berfokus pada bidang bisnis telegraf. Bisnis itu tidak terlalu jalan, namun dari sanalah kemudian perusahaan Sony Ericsson akan lahir.

Pada tahun 1921, Departemen Kepolisian Detroit, Michigan, mulai menggunakan telepon mobile yang terpasang di semua mobil polisi dengan menggunakan frekuensi 2 MHz. Bertahun-tahun kemudian, pada 1960, sebuah perusahaan Finlandia, Fennis Cable Works—yang semula berbisnis di bidang kabel—mendirikan perusahaan elektronik bernama Nokia sebagai handset telepon seluler. Sembilan tahun setelah itu, pada 1969, sistem telekomunikasi seluler dikomersialkan.

Memasuki tahun 1970, telekomunikasi seluler semakin sering dibicarakan orang, dan tiga tahun kemudian Motorola mengenalkan telepon seluler pertamanya. Ukuran ponsel pertama keluaran Motorola itu—meski disebut telepon genggam—memiliki ukuran yang sangat besar, dengan antena pendek.

Manajer proyek inovasi Motorola, Martin Cooper, memasang base station di New York, dan bekerjasama dengan Bell Labs. Pada pagi 3 April 1973, Cooper mempertunjukkan cara berkomunikasi “aneh” dari terminal telepon portable. Dia mencoba ponselnya yang sangat besar itu sambil berjalan-jalan di berbagai lokasi di New York. Itulah untuk pertama kalinya ponsel ditampilkan di depan publik.

Di dalam percobaan itu, Cooper menggunakan ponsel seberat 30 ounce (sekitar 800 gram) atau sepuluh kali lipat dibanding rata-rata ponsel yang beredar saat ini. Martin Cooper pulalah yang kemudian dianggap sebagai penemu sistem telepon seluler. Sebelum menunjukkan ponselnya di muka umum pada 3 April, ia telah membuat ponsel pertama dengan berat dua kilogram, dan menghabiskan biaya sekitar 1 juta dollar AS.

Memasuki tahun 1983, AS mulai membangun jaringan telepon seluler untuk komersial, dan tak lama setelah itu dunia pun mulai diramaikan oleh telepon genggam.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Peristiwa 1211202442464466134

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item