Kapan Terjadinya Pemberontakan Papua?

Kapan Terjadinya Pemberontakan Papua? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/matamatapolitik.com
Peristiwa yang disebut Pemberontakan Papua terjadi pada 1 Juli 1971.

Sebuah gerakan yang bertujuan untuk mewujudkan kemerdekaan Papua bagian barat didirikan untuk melepaskan diri dari Republik Indonesia. Gerakan tersebut bernama Organisasi Papua Merdeka (OPM), dan pemberontakan mereka dilandasi pemikiran bahwa wilayah mereka tidak memiliki hubungan sejarah dengan bagian Indonesia yang lain maupun negara-negara Asia lainnya.

Pada tahun 1969, atas perjanjian Indonesia dengan Belanda, wilayah Papua—yang sebelumnya dikuasai Belanda—diserahkan kepada Indonesia. Sejak itu, wilayah Papua pun menyatu dengan NKRI. Namun, OPM menganggap hal itu sebagai penyerahan dari satu tangan penjajah ke penjajah yang lain.

Akhirnya, pada 1 Juli 1971, Nicolaas Jouwe dan dua komandan OPM yang lain, Seth Jafeth Raemkorem dan Jacob Hendrik Prai, menaikkan bendera Bintang Fajar dan memproklamasikan berdirinya Republik Papua Barat. Namun republik itu tidak berumur panjang, karena segera ditumpas oleh militer Indonesia, di bawah perintah Presiden Soeharto.

Pada tahun 1982, OPM kembali muncul dan mendirikan Dewan Revolusioner yang bertujuan menggalang dukungan masyarakat internasional untuk mendukung kemerdekaan wilayah tersebut. Mereka mencari dukungan melalui PBB, GNB, Forum Pasifik Selatan, ASEAN, dan lainnya, namun sampai hari ini usaha mereka tak mendapatkan hasil.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 4130539606908030550

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item