Siapakah Ayatullah Khomeini?


Dilahirkan di Khomeyn, Provinsi Markazi, 24 September 1902, Ayatullah Khomeini adalah tokoh revolusi Iran dan pemimpin Republik Islam Iran pertama. Ia belajar teologi di Arak, kemudian di kota Qom, dan di sana ia membangun tempat tinggal permanen serta mulai membangun dasar politik untuk melawan keluarga kerajaan Iran, khususnya Shah Reza Pahlevi.

Perjuangan awal Khomeini dalam melawan rezim Shah berbuah pembuangan ke Turki. Ia pun tinggal di sana selama beberapa saat, lalu pindah ke Irak sambil terus menyuarakan penentangannya terhadap rezim Shah. Pada 1978, pemerintah Shah meminta Irak untuk mengusirnya dari Najaf, maka Khomeini pun menuju Paris dan tinggal di sana hingga turunnya kekuasaan Shah di Iran.

Pada tahun 1979, ketika Shah Pahlevi melarikan diri ke luar negeri setelah mendapat tentangan besar-besaran dari rakyat, Khomeini kembali ke Iran setelah lama berada di pengasingan. Setelah berbagai unsur pemerintahan dan militer memihaknya, Khomeini pun terpilih sebagai pemimpin Iran dengan dukungan rakyat.

Setelah sepuluh tahun Republik Islam Iran berdiri, Khomeini meninggal di Teheran, pada 3 Juni 1989, dalam usia 86 tahun. Untuk mengenangnya, sebuah bandara internasional di Teheran dinamai dengan namanya, dan sebuah perguruan tinggi dibangun dengan nama Universitas Internasional Imam Khomeini.

Hmm... ada yang mau menambahkan?



Artikel Terkait Tokoh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar