Apa yang Dimaksud Word Processor?

Apa yang Dimaksud Word Processor? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/amazon.com
Istilah Word Processing diperkenalkan oleh IBM pada awal tahun 1960-an, dan IBM mendefinisikannya sebagai, “the combination of people, procedures, and equipment which transforms ideas into printed communications,” (kombinasi antara orang, prosedur, dan peralatan yang mengubah ide-ide menjadi komunikasi tercetak), dan istilah itu digunakan untuk menyebut mesin ketik elektrik buatan IBM, Selectric, yang merupakan word processor pertama.

IBM memasarkan word processor praktis pertama di dunia, yang mampu melakukan koreksi, dan memiliki pita penyimpanan magnetis, pada 14 Juni 1964.

Pada tahun 1970-an, masyarakat umum menggunakan istilah word processor untuk menyebut mesin ketik semi otomatis yang setidaknya memiliki fungsi edit dan koreksi, dan mampu menghasilkan salinan (copy) yang sempurna.

Memasuki tahun 1976, Wang Laboratories memperkenalkan mesin ketik yang dilengkapi monitor CRT, dan hal itu menjadi terobosan besar pada masa itu. Mesin tersebut menampilkan teks pada layar CRT, dan memiliki karakteristik-karakteristik penting dari aplikasi-aplikasi word processor yang kita kenal saat ini. Sejak itu pula, istilah word processor pun beralih pada mesin berbasis CRT.

Untuk penyimpanan data, beberapa mesin CRT generasi awal menggunakan pita magnetik, sampai kemudian muncul floppy disk atau disket floppy. Sedangkan untuk mencetak dokumen, awalnya menggunakan mesin ketik Selectric IBM, sampai kemudian digantikan oleh printer daisy wheel atau printer dot-matrix.

Ketika era personal computer (PC) dimulai, word processor berbasis software yang berjalan pada PC mulai menggantikan mesin word processor yang bersifat khusus sebelumnya, dan istilah word processor kemudian mulai merujuk pada software, bukan lagi hardware.

Di masa sekarang, selain untuk menyimpan dokumen dan diedit kembali, aplikasi word processor modern juga menawarkan fitur-fitur yang sangat kaya—dari pengecekan ejaan, penghitungan kata dan karakter, thesaurus, sampai mampu terhubung dengan e-mail dan internet secara otomatis.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Teknologi 5865517861686828050

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item