Tentang Saya


Setelah cukup lama ngeblog, saya sadar bahwa cepat atau lambat saya pasti harus membuat laman khusus seperti ini untuk memperkenalkan diri pada para pembaca. Dan, sejujurnya, saya selalu deg-degan kalau harus memperkenalkan diri. *malu-malu*

Ya, ya, sebenarnya ini tidak penting-penting amat sih. Lagi pula tidak ada yang cukup istimewa untuk diceritakan, selain bahwa saya seorang cowok lajang yang suka belajar. Oh, saya benar-benar tidak punya deskripsi lain selain itu!

Hmmm… baiklah, biar perkenalan ini terdengar “normal”, saya akan menceritakan beberapa hal yang sebaiknya kalian lupakan—karena tidak penting.

Saya sangat suka membaca, sejak kecil. Bukan berarti saya anak pintar sehingga rajin membaca, tapi karena saya sangat pemalu dan introver, sehingga berteman dengan buku membuat saya benar-benar merasa nyaman, karena buku-buku itu seolah “menyelamatkan” saya dari dunia asing yang tidak saya pahami. Oh, berbahagialah kalian yang tidak pemalu apalagi introver!

Kebiasaan suka membaca itu kemudian berlanjut hingga saya besar, remaja, dan dewasa—saya tetap sangat suka membaca, novel atau buku apa pun.

Melalui buku dan bacaan lain, saya merasa memiliki banyak teman—dari para superhero semacam Superman atau Batman, para ilmuwan semacam Newton atau Einstein, sampai para filsuf semisal Socrates atau Immanuel Kant. Oh, saya mencintai mereka!

Karena dikelilingi “teman-teman” yang menakjubkan seperti itu, akhirnya saya pun jadi terpengaruh ingin bisa seperti mereka. Karena saya tidak mungkin terbang seperti Batman atau Superman, maka saya pun berusaha untuk meniru yang lain—dan dari situlah kemudian saya mulai menulis, sebagai sarana untuk menuangkan yang ada dalam pikiran, perasaan, dan hati.

Jadi, saya pun suka menulis. Kesukaan itu telah tumbuh sejak saya di Sekolah Dasar. Saya selalu suka saat guru bahasa Indonesia di kelas mengumumkan, “Anak-anak, hari ini ada pe-er mengarang…”

Sampai hari ini saya masih suka membaca. Dan menulis. Bedanya, sekarang saya tidak se-introver dulu, juga tidak terlalu pemalu lagi. *menulis ini sambil malu-malu*

Sekarang, setelah dewasa, kesukaan membaca dan menulis itu membantu saya memiliki profesi yang saya impikan sejak kecil—menjadi penulis. Ada 20-an buku karya saya yang sekarang telah diterbitkan oleh beberapa penerbit di Indonesia, dan saya juga kadang menulis artikel lepas untuk beberapa media massa. Selain menulis untuk blog ini, saya juga memiliki blog lain yang bisa dilihat di sini.

Hari ini, saya tahu bahwa hidup saya telah diselamatkan oleh buku-buku yang dulu menjadi teman-teman saya. Tanpa mereka, mungkin saya yang sekarang bukanlah saya yang sekarang. Dan saya bersyukur karena telah mengenal mereka, sebesar rasa syukur saya karena telah mengenal kalian.

Dan blog ini, teman-teman, adalah jembatan yang dibangun di atas buku-buku… yang menghubungkan saya dengan kalian.