Siapakah Stephen Schwarzman?


Stephen Schwarzman adalah pendiri Blackstone Group, perusahaan ekuitas swasta global dan penasihat keuangan di Amerika. Nama lengkapnya Stephen Allen Schwarzman, dan dia lahir pada 14 Februari 1947 di Philadelphia, Pennsylvania, AS. Ayahnya membuka toko barang-barang kebutuhan sehari-hari, dan dia sering membantu menjaga toko ayahnya sejak remaja.

Dia bersekolah di School District Abington, kemudian melanjutkan kuliah di Yale University. Lulus dari Yale University pada 1969, Stephen Schwarzman melanjutkan S2 dengan mendaftar kuliah di Harvard Business School, dan lulus pada 1972. Setelah lulus dari Harvard Business School, Stephen Schwarzman bekerja di Donaldson, Lufkin & Jenrette, sebuah bank investasi. Tapi bank itu kemudian tutup, dan Stephen Schwarzman lalu bergabung dengan perusahaan Lehman Brothers.

Di Lehman Brothers, Stephen Schwarzman mengepalai bagian merger dan akuisisi. Pengalamannya dalam menangani urusan merger dan akuisisi di perusahaan Lehman Brothers menjadikan Stephen Schwarzman tahu seluk beluk pekerjaan tersebut. Pengetahuan itu menjadi modal penting baginya, ketika dia mendirikan perusahaan sendiri bernama Blackstone Group pada 1985.

Blackstone Group didirikan oleh Stephen Schwarzman dan Peter G. Peterson, mantan Menteri Perdagangan di masa pemerintahan Presiden Richard Nixon. Perusahaan itu memiliki spesialisasi membeli perusahaan yang bermasalah, untuk selanjutnya memoles menjadi perusahaan yang bagus dan mampu menghasilkan laba.

Sejak itulah, Stephen Schwarzman menjalankan bisnis jual beli perusahaan, yang terus mendatangkan keuntungan bagi Blackstone Group, hingga ia memiliki kekayaan mencapai 12 miliar dollar dan masuk dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia.

Di samping aktif menjadi pengusaha, Stephen Schwarzman juga menjadi profesor di Yale School of Management, serta menjadi dewan pembina di John F. Kennedy Center. Selain itu, dia juga aktif memberikan kontribusi dan sumbangan ke berbagai pihak, khususnya yang berhubungan dengan dunia pendidikan.

Hmm… ada yang mau menambahkan?



Artikel Terkait Tokoh

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar