Siapakah Hans Rausing?

 Siapakah Hans Rausing?
Hans Rausing/independent.ng
Hans Rausing adalah pendiri Tetra Pak, perusahaan makanan dan minuman kemasan terbesar di dunia. Ia lahir di Swedia pada 25 Maret 1926, namun kemudian menjadi warga negara Inggris.

Setelah lulus kuliah di Universitas Lund, Swedia, Hans Rausing pergi ke Amerika untuk bekerja. Di Amerika, dia bekerja di perusahaan makanan, dan di Amerika pulalah dia pertama kali melihat makanan serta minuman yang dikemas. Pada waktu itu (era 1940-an), makanan dan minuman kemasan belum dikenal di Swedia.

Saat menyaksikan makanan dan minuman dalam kemasan, Hans Rausing tidak hanya melihatnya sebagai cara yang baik dalam pengemasan makanan/minuman, tapi juga melihat cara untuk dapat mengekspor makanan/minuman ke tempat-tempat jauh.

Pada masa itu, khususnya di Swedia, eskpor makanan ke luar negeri terkendala oleh perjalanan yang bisa membutuhkan waktu lama, sehingga makanan membusuk di tengah jalan. Dengan adanya pengemasan seperti yang ia lihat, kendala itu pun akan dapat diatasi.

Pada 1951, Hans Rausing pulang ke tanah airnya di Swedia, dan mulai mendirikan Tetra Pak, yang ia jadikan perusahaan makanan dan minuman kemasan. Prosesnya tidak semudah yang ia kira. Mula-mula, Hans Rausing melakukan berbagai percobaan kemasan yang dianggap paling baik sehingga makanan di dalamnya benar-benar awet. Percobaan pertamanya adalah susu dalam kemasan.

Percobaan itu sukses. Tidak hanya dalam proses pengemasannya, tapi juga secara komersial. Dalam waktu tak terlalu lama, susu kemasan produksi Tetra Pak segera menyebar di Eropa, mulai Jerman, Prancis, Italia, hingga kemudian masuk ke Asia.

Karena pajak di Swedia cukup besar, Hans Rausing memindahkan kantor perusahaan Tetra Pak ke Inggris, dan tak lama kemudian dia juga beralih menjadi warga negara Inggris. Di Inggris, Hans Rausing melakukan berbagai inovasi dan mulai melakukan akuisisi. Perusahaan pertama yang diakuisisinya adalah Alfa-Laval, perusahaan penghasil susu terbesar di Swedia. Dengan akuisisi tersebut, Tetra Pak menjadi perusahaan satu-satunya penghasil susu dalam kemasan terbesar di Swedia.

Tetra Pak terus berkembang, dan melakukan akuisisi perusahaan di beberapa negara, termasuk Rusia dan Ukraina. Pada saat ini, Tetra Pak telah berdiri di 170 negara, dengan membawahi sekitar 40 perusahaan, dan memiliki 23.000 karyawan. Tak bisa disangkal, Tetra Pak telah menjadi perusahaan makanan kemasan terbesar di dunia, dan Hans Rausing masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia, dengan kekayaan mencapai 12,5 miliar dollar.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 3645681871741065043

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item