Siapakah Carlos Slim Helú?


Carlos Slim Helú adalah pengusaha berpengaruh di Meksiko, yang mengendalikan tiga perusahaan telekomunikasi, yaitu Teléfonos de México (Telmex), Telcel, dan América Móvil.

Dia lahir pada 28 Januari 1940 di Mexico City, Meksiko, dan kuliah di Universidad Nacional Autónoma de México, jurusan teknik. Dia mewarisi jiwa bisnis dari ayahnya, yang juga pengusaha. Pada usia 12 tahun, Carlos Slim Helú sudah belajar saham dengan membeli saham Mexican Bank. Pada usia 17 tahun, dia telah mendapatkan penghasilan sebesar 200 peso seminggu.

Setelah lulus kuliah, Carlos Slim Helú memulai karir di pasar saham, kemudian mendirikan perusahaan broker. Perusahaan itu berkembang, hingga menjadi tempat investasi bisnis, jasa konstruksi, manufaktur, sampai usaha restoran. Pada 1965, Carlos Slim Helú mengakuisisi perusahaan Jarritos del sur, yang bergerak di bidang konstruksi, real estate, dan pertambangan.

Pada 1980, seiring pertumbuhan usahanya yang terus membesar, Carlos Slim Helú membentuk perusahaan induk yang diberi nama Galas Group, yang membawahi perusahaan konstruksi, pertambangan, ritel, makanan, dan tembakau. Dua tahun kemudian, pada 1982, saat perekonomian Meksiko mengandalkan ekspor minyak, Carlos Slim Helú juga terjun ke bisnis minyak.

Pada 1988, Galas Group menambah anak perusahaan lagi, kali ini di bidang tembaga dan alumunium, Kemudian, pada 1990, Carlos Slim Helú mengakusisi Teléfonos de México (Telmex), perusahaan telekomunikasi milik pemerintah. Waktu itu, Telmex sedang diambang kehancuran. Di tangan Carlos Slim Helú, Telmex kemudian berubah menjadi perusahaan menguntungkan, dan terus berkembang. Memasuki 2006, 90 persen jaringan telekomunikasi di Meksiko dikuasai oleh Telmex. Dari situlah kemudian, dia melebarkan sayap dengan mengakuisisi Telcel dan América Móvil, yang juga bergerak di bidang telekomunikasi.

Sukses di Meksiko, Carlos Slim Helú mengembangkan bisnisnya ke luar negeri. Ia mengakuisisi Prodigy Inc., perusahaan jasa internet terbesar ketiga di Amerika Serikat, dan mendirikan Grupo Financiero Inbursa, yang bergerak di industri retail.

Di Meksiko, Carlos Slim Helú telah dinobatkan sebagai pengusaha terbaik di negara itu, ketika usianya baru 28 tahun. Saat ini, dia telah diakui sebagai pengusaha paling berpengaruh di dunia bisnis dan industri keuangan Meksiko. Selain memimpin perusahaannya sendiri, dia juga menjadi wakil presiden komisaris di Mexican Stock Exchange, dan presiden komisaris di perusahaan broker Mexican Association of Brokerage Houses.

Kini, beserta semua kerja keras dan kesuksesannya, Carlos Slim Helú diketahui memiliki kekayaan hingga 77,1 miliar dollar, dan namanya masuk dalam jajaran orang-orang paling kaya di dunia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?



Artikel Terkait Tokoh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar