Mengapa di Hidung Kita Terdapat Upil?


Kotoran hidung, yang lazim disebut upil, terbentuk dari membran mucus atau membran lendir yang ada di hidung. Membran mucus mengeluarkan lendir yang biasa disebut ingus.

Ingus berfungsi sebagai sistem perlindungan tubuh terhadap infeksi, dan mencegah masuknya partikel-partikel berbahaya ke dalam paru-paru. Partikel-partikel berbahaya itu bisa berupa debu, bakteri, virus, serbuk, dan lain-lain. Partikel-partikel yang telah tersaring oleh ingus itu akan mengering, dan terbentuklah kotoran hidung yang biasa disebut upil.

Sebenarnya, proses pengeringan dan perubahan dari ingus menjadi upil terjadi di bagian hidung yang lebih dalam. Tetapi, untuk mempertahankan ruang bagi ingus dalam mencegah masuknya partikel lain, mekanisme hidung mendorong upil hingga berada di posisi luar hidung, sehingga dapat dicapai dengan tangan. Karena itulah, kita pun bisa mengupil (upaya mengeluarkan kotoran dari hidung).

Kotoran yang disebut upil tersebut mengandung banyak partikel dan bakteri, sehingga kita disarankan untuk membersihkan tangan setelah mengupil. Selain itu, ada baiknya untuk berhati-hati selama melakukan aktivitas tersebut, agar tidak mengalami pendarahan di bagian hidung.

Hmm... ada yang mau menambahkan?




Artikel Terkait Biologi

4 komentar:

  1. Dan kita patut bersyukur akan hal ini :D

    BalasHapus
  2. entah knapa aku agak ngakak baca ini :D

    BalasHapus
  3. wakakakakak, walau agak eneg baca nya tapi oke lah informasi nya :D

    BalasHapus