Apa saja Jenis Ikan Sapu-sapu?


Meski sekilas mungkin tampak memiliki penampilan sama, ikan sapu-sapu sebenarnya memiliki jenis-jenis yang berbeda. Berikut di antaranya:

Common pleco; bentuknya mirip ikan lele, tapi siripnya menyamping dan lebih lebar. Warnanya abu-abu kehitaman, dengan kombinasi totol-totol berwarna putih, tapi tidak dominan. Disebut common pleco, karena merupakan jenis ikan sapu-sapu yang paling terkenal dan paling banyak dipelihara.

Zebra pleco; sesuai namanya, ikan sau-sapu jenis ini memiliki kulit bercorak mirip zebra. Motif warna kulitnya antara hitam dan putih. Ikan sapu-sapu jenis ini banyak dipelihara sebagai ikan hias, karena bentuknya yang menarik.

Gold nugger pleco; Warnanya hitam pekat, tapi memiliki bintik-bintik kuning keemasan di sepanjang tubuhnya. Jenis ini juga biasa disebut ikan sapu-sapu gold.

Scarlet pleco; memiliki tampilan mirip common pleco, namun gradasi warna pada tubuh ikan jenis ini bukan putih, melainkan merah muda.

Medusa pleco; warna dasar tubuhnya hitam legam, dengan bintik-bintik putih kecil.

Flash pleco; sekilas mirip zebra pleco. Bedanya, jika zebra pleco memiliki kombinasi warna hitam-putih yang seimbang, flash pleco memiliki warna hitam yang lebih dominan. Warna putih di tubuhnya hanya serupa garis.

Hmm... ada yang mau menambahkan?




Artikel Terkait Fauna

3 komentar:

  1. wah saya baru tahu tuh mas, ternyata ikan sapu-sapu banyak macamnya juga ya :D

    BalasHapus
  2. Bang gua sering baca blognya, isinya menarik, banyak belajar juga dari isi blognya. terimakasih.
    Bang suka musik kan? coba deh bang listening musicnya efek rumah kaca album sinestesia. Mau minta pendapat sih tentang albumnya kalau berkenan hehe

    BalasHapus
  3. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus