Siapakah Vagit Alekperov?


Vagit Alekperov adalah pendiri dan pemimpin Lukoil, perusahaan minyak terbesar kedua di dunia. Dia lahir pada 1 September 1950 di Baku, Azerbaijan, dengan nama lengkap Vagit Alekperov Yusifovich.

Setelah lulus dari Azerbaijan Oil and Gas Institute pada 1974, dia bekerja sebagai kepala deputi operator rig pada perusahaan Kaspmorneft. Pada 1983, Vagit Alekperov direkrut menjadi manajer umum oleh Kogalymneftegaz, sebuah perusahaan minyak Rusia yang sedang krisis. Di sana, Vagit Alekperov melakukan berbagai perubahan dan perbaikan, hingga perusahaan yang semula nyaris bangkrut itu berubah menjadi sangat menguntungkan.

Prestasi itu pun membuat kagum petinggi Uni Soviet. Pada 1990, Mikhail Gorbachev meminta Vagit Alekperov untuk menjadi deputi menteri di Rusia di bidang migas. Tugas pertamanya adalah mengintegrasikan teknologi modern ke dalam perusahaan-perusahaan migas nasional di Rusia. Vagit Alekperov menjalankan tugasnya dengan baik, sampai kemudian terjadi kisruh di pemerintahan Soviet yang menjadikan Gorbachev lengser dan digantikan Boris Yeltsin.

Pada 1991, saat Boris Yeltsin berkuasa, pemerintahnya menetapkan privatisasi perusahaan-perusahaan nasional, termasuk perusahaan migas. Peluang itu dimanfaatkan dengan baik oleh Vagit Alekperov dengan mengakuisisi tiga perusahaan minyak, yaitu Langepasneftegaz, Uraineftegaz, dan Kogalymneftegaz. Ketiga perusahaan itu lalu disatukan, dan dijadikan perusahaan baru dengan nama Lukoil.

Pada 1993, Vagit Alekperov mengundurkan diri dari pemerintahan, dan menjadi presiden direktur Lukoil hingga saat ini. Di bawah kendalinya, Lukoil memiliki cadangan minyak terbesar kedua di dunia setelah ExxonMobil. Karenanya, Vagit Alekperov pun dikenal sebagai penguasa minyak independen terbesar kedua di dunia, yang merupakan pemasok 2 persen minyak dunia.

Di bawah kepemipinan Vagit Alekperov, Lukoil menjadi perusahaan minyak dan gas bumi yang memiliki cadangan minyak sebanyak 1,3 persen dari total cadangan minyak dunia. Kapasitas produksi minyaknya mencapai 2,3 persen dari total produksi minyak dunia. Di Rusia, Lukoil menguasai 18,6 persen produksi minyak lokal, dan menguasai 18,1 persen aktivitas pengilangan minyak mentah di Rusia. Hasil produksi Lukoil dipasarkan di 59 wilayah di daratan Rusia. Di luar Rusia, Lukoil memasarkan produknya di 19 negara lewat anak-anak perusahaannya.

Atas semua bisnisnya tersebut, Vagit Alekperov pun masuk dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia, dengan kekayaan mencapai 12,2 miliar dollar.

Hmm… ada yang mau menambahkan?




Artikel Terkait Tokoh

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar