Siapakah Stefano Pessina?

Siapakah Stefano Pessina?
Stefano Pessina/ft.com
Stefano Pessina adalah CEO Walgreens Boots Alliance, perusahaan obat-obatan global yang ada di berbagai negara. Dia lahir pada 4 Juni 1941 di Pescara, Italia, dan lulus kuliah dari Universitas Politeknik Milan dalam fisika nuklir.

Keluarga Stefano Pessina memiliki usaha grosir obat-obatan. Pada 1970-an, setelah lulus kuliah, Stefano Pessina bergabung dengan usaha keluarganya. Ketika orang tuanya meninggal, usaha itu pun diwarisi olehnya. Setelah usaha itu menjadi miliknya, Stefano Pessina mengembangkan dan membesarkannya melalui ekspansi dan akuisisi, dan mengubah namanya menjadi Alliance Santé.

Pada 1997, Alliance Santé milik Stefano Pessina mengakuisisi Unichem Alliance, perusahaan obat-obatan lain di Italia. Setelah itu, pada 2006, Stefano Pessina membawa perusahaannya untuk melakukan merger dengan Boots Group Plc., yang juga bergerak di industri farmasi. Setahun kemudian, pada Juli 2007, perusahaan Stefano Pessina dan Boots Group Plc. melakukan kerja sama dengan Walgreen Co., perusahaan yang mengendalikan rantai pertokoan.

Kemitraan antara tiga perusahaan itu kemudian membentuk perusahaan baru bernama Walgreens Boots Alliance. Perusahaan baru itu pun segera menjadi perusahaan besar, yang tidak hanya menguasai produksi obat dan distribusinya, namun juga memiliki rantai pertokoan yang menyediakan produk-produk mereka.

Kini, Walgreens Boots Alliance telah menjadi pemimpin global dalam bidang farmasi dan kesehatan, dengan 13.200 toko di 11 negara. Walgreens Boots Alliance juga mengendalikan 350 distributor yang membawahi 200.000 apotek yang tersebar di 19 negara. Secara keseluruhan, Walgreens Boots Alliance mempekerjakan 370.000 orang di Amerika Serikat, Eropa, dan negara-negara lain.

Selain memimpin Walgreens Boots Alliance, Stefano Pessina juga duduk di dewan direksi Galenica AG, sebuah perusahaan publik yang juga berhubungan dengan kesehatan, serta memiliki saham di sejumlah perusahaan lain. Saat ini, nama Stefano Pessina masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia, dengan kekayaan mencapai 12,1 miliar dollar.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Tokoh Bisnis 3650717458136787987

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item