Siapakah Patrick Soon-Shiong?


Patrick Soon-Shiong adalah dokter dan pengusaha di bidang obat-obatan. Dia lahir pada 29 Juli 1952 di Port Elizabeth, Afrika Selatan. Keluarganya adalah imigran dari Cina, yang mengungsi ke Afrika Selatan akibat pecahnya Perang Dunia II. Di Afrika Selatan, ayah Patrick Soon-Shiong bekerja sebagai dokter desa, juga membuka toko herbal.

Patrick Soon-Shiong kuliah di fakultas kedokteran di University of the Witwatersrand. Pada usia 23 tahun, dia telah mendapat gelar dokter, kemudian magang di Johannesburg’s General Hospital.

Setelah beberapa tahun magang di Johannesburg’s General Hospital, Patrick Soon-Shiong melanjutkan kuliah di University of British Columbia, hingga mendapat gelar Master of Science. Saat menempuh pendidikan di sana, dia mendapatkan berbagai penghargaan dari hasil risetnya. Beberapa penghargaan ia peroleh dari American College of Surgeons, The Royal College of Physicians and Surgeons of Canada dan American Association of Academic Surgery.

Pada 1970, setelah mendapat gelar master, dia pindah ke Amerika Serikat, dan mengikuti pelatihan bedah di University of California Los Angeles (UCLA), serta menjadi dokter bedah asing bersertifikat di Fellow of the Royal College of Surgeons Canada, dan Fellow of the American College. Pada usia 31 tahun, Patrick Soon-Shiong menjadi asisten profesor di Fakultas Kedokteran UCLA, dan di sana dia melakukan operasi transplantasi pankreas pertama.

Pada 1991, dia meninggalkan UCLA, dan mendirikan laboratorium untuk meneliti obat diabetes. Dia mengajak kakaknya yang ada di London, bernama Terrence, untuk menjadi investor; sementara Patrick Soon-Shiong rajin melakukan riset. Riset itu kemudian menghasilkan obat bernama Abraxane.

Sukses dengan riset obat tersebut, Patrick Soon-Shiong mencoba mengembangkan obat kanker. Ia kemudian mendirikan perusahaan bernama VivoRx Pharmaceuticals yang kemudian berganti nama menjadi American Bioscience, sebagai perusahaan produsen obat.

Seiring dengan itu, Patrick Soon-Shiong juga mendirikan perusahaan lain bernama American Pharmaceutical Partners (APP), yang bergerak di bidang perdagangan obat generik ke rumah sakit. Melalui APP itulah, Patrick Soon-Shiong kemudian dikenal luas sebagai pengusaha obat-obatan, yang juga menjadi dokter dan peneliti.

Dalam karirnya sebagai dokter dan peneliti, dia telah mendapatkan banyak penghargaan atas berbagai penemuan yang dihasilkannya. Sementara dalam bidang bisnis, dia masuk dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia, karena memiliki kekayaan senilai 12,2 milar dollar.

Hmm… ada yang mau menambahkan?




Artikel Terkait Tokoh

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar