Siapakah Jeff Bezos?

Siapakah Jeff Bezos?
Jeff Bezos/cnbc.com
Jeffrey Bezos Preston, atau yang populer dengan nama Jeff Bezos, adalah pendiri sekaligus CEO Amazon Inc. (amazon.com), toko online terbesar dan paling sukses di dunia. Dia lahir pada 12 Januari 1964 di Albuquerque, Nex Mexico, AS.

Setelah lulus SMA, Jeff Bezos kuliah di Princeton University. Setelah lulus, dia bekerja di Wall Street dalam bidang ilmu komputer. Dalam perjalanan karirnya, dia pernah bekerja di perusahaan bernama Fitel, lalu pindah ke Banker Trust, lalu pindah lagi ke DE Shaw Company. Di perusahaan terkahir itulah, Jeff Bezos mulai berpikir untuk mulai membangun usaha sendiri.

Pada masa itu, awal 1990-an, internet telah mulai berkembang. Jeff Bezos melihat potensi internet yang luas, khususnya dalam penjualan buku.

Dengan sebuah website, pikirnya waktu itu, dia bisa membuat katalog lengkap yang berisi daftar buku-buku baru yang beredar, sehingga orang bisa memilih buku apa saja yang diinginkan dengan mudah. Idenya itu diwujudkan dengan membangun web yang ia namai Amazon.com.

Sebenarnya, Jeff Bezos sempat akan menggunakan nama “Abrakadabra” untuk website yang dibuatnya, namun kemudian menggunakan nama “Amazon”, karena terpesona pada kemegahan sungai Amazon yang ada di Brazil.

Untuk keperluan bisnis toko online tersebut, Jeff Bezos melakukan riset dan rajin menghadiri konvensi tahunan American Bookseller’s Associaton untuk melakukan lobi dan hubungan kerjasama dengan beberapa penjual buku.

Sejak pertama kali berdiri, keberadaan Amazon.com telah menarik perhatian banyak pihak, dan berbagai media memberitakannya. Hasilnya, dalam waktu singkat, Amazon.com mendapat banyak pelanggan.

Sejak itu, Jeff Bezos pun melayani penjualan untuk para pelanggan di berbagai negara bagian AS, dan barang-barang yang dijual semakin banyak serta makin variatif. Jika semula hanya melayani penjualan buku, kini Amazon.com telah menyediakan berbagai barang.

Dalam perjalanannya, Amazon.com tumbuh menjadi sebuah toko serba ada virtual, dengan 17 juta konsumen online dari seluruh dunia. Penjualan Amazon.com pernah mencapai 18 miliar dollar, dan itu tentu memberi dampak positif bagi pemiliknya.

Sejak mendirikan Amazon.com, Jeff Bezos terus mengumpulkan keuntungan yang makin membuatnya kaya-raya. Kini, dia menjadi salah satu orang paling kaya di dunia, dengan kekayaan mencapai 34,8 miliar dollar.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 1675659682381766843

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item