Siapakah Jack Crawford Taylor?

  Siapakah Jack Crawford Taylor?
Jack Crawford Taylor/fi360news.com
Jack Crawford Taylor adalah pendiri Enterprise Rent-A-Car Company, perusahaan penyewaan mobil yang menjadi rental dengan armada terbesar di Amerika Serikat. Ia lahir pada 14 April 1922 di Missouri, Amerika Serikat.

Pada waktu Perang Dunia II berkecamuk, Jack Taylor ikut bergabung dengan militer AS, dan bertugas sebagai pilot pesawat tempur. Setelah perang usai, Jack Taylor kembali ke kampung halamannya, dan membuka usaha jasa layanan antar barang. Bisnis itu sempat bertahan beberapa tahun, tapi kemudian dihentikan karena tidak mendatangkan kepuasan.

Lalu Jack Taylor melamar kerja ke distributor mobil pada 1948, dan menjadi manajer penjualan di sana. Selama bekerja di distributor mobil itulah, Jack Taylor mulai terpikir untuk membuka jasa layanan rental mobil.

Percaya kepada idenya, Jack Taylor menyisihkan 50 persen gajinya untuk ditabung sebagai modal usaha. Selama bertahun-tahun, dia bertahan hidup hanya dengan separuh gaji. Akhirnya tabungannya mencukupi, dan dia membeli beberapa mobil bekas yang masih tampak bagus.

Pada 1957, Jack Taylor resmi membuka usaha rental mobil bernama Enterprise Rent-A-Car. Waktu itu, mobil yang dimilikinya hanya tujuh buah. Perlahan-lahan, bisnis itu kian terkenal, makin membesar dan berkembang, dan mobil-mobil yang dimiliki pun semakin banyak.

Pada awal 1990-an, Jack Taylor mulai meluaskan bisnisnya dengan menjajal lokasi pemasaran di bandara. Seiring berjalannya waktu, Enterprise Rent-A-Car telah ada di hampir semua bandara di kota besar Amerika Serikat, hingga totalnya mencapai 419 bandara.

Pada 1980, armada sewa yang dimiliki Enterprise Rent-A-Car telah mencapai 6.000 mobil. Sembilan tahun kemudian, pada 1989, jumlah armadanya membengkak menjadi 50.000 mobil. Penghasilan yang diperoleh Enterprise Rent-A-Car pun meningkat drastis. Bahkan, pada 2007, Enterprise Rent-A-Car membeli Alamo Rent-A-Car, sebuah perusahaan rental mobil nasional, sehingga skala bisnis yang dikendalikan Jack Taylor pun meraksasa.

Pada saat ini, Enterprise Rent-A-Car telah memiliki kantor cabang di 6.000 tempat, termasuk di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Irlandia, dan Jerman. Pada saat ini pula, Enterprise Rent-A-Car tidak hanya memberikan pelayanan peminjaman mobil, tapi juga pembiayaan mobil, mengelola komunitas van, serta menjadi perantara rental mobil pihak ketiga (car sharing).

Karena berbagai akuisisi yang dilakukan, Jack Taylor pun membangun perusahaan induk dengan nama Enterprise Holdings, yang saat ini memiliki 1,2 juta armada—dari mobil sampai truk—dengan 70.000 karyawan, dan penghasilan per tahun mencapai 14,1 miliar dollar. Atas kesuksesannya, Jack Taylor pun masuk dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia, dengan kekayaan mencapai 12,5 miliar dollar.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 9198808617073639855

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item